Jenis Flow Meter Terbaik Untuk Air?

Jenis Flow Meter Terbaik Untuk Air?

 

Flow meter air atau yang biasa disebut dengan meteran air memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari – hari. Namun pada intinya, alat ini berguna untuk mengetahui aliran material berupa cairan pada waktu tertentu.

Pengukuran aliran tersebut bisa pada sistem terbuka seperti sungai atau parit maupun sistem tertutup seperti pipa. Alat instrumen ini juga dapat ditemukan dalam keseharian masyarakat yang berlangganan air PDAM.

Flow meter untuk air didasarkan pada jenis cairan dengan kandungan konduktivitas maupun yang tidak mengandung konduktivitas, atau konduktivitasnya di bawah 20 micro siemens. Penggunaannya harus mengacu pada spesifikasi cairan yang akan diukur.

Dengan begitu, meteran air ini tersebut dapat dipasang sesuai tujuannya serta mempunyai lifetime panjang. Sehingga Anda perlu memahami cara menentukan flow meter air sesuai kebutuhan agar nantinya dapat meminimalisir biaya perawatan.

 

Spesifikasi Cairan Flow Meter Air dan Cara Kerjanya

Pemilihan flow meter harus mengacu pada beberapa spesifikasi cairan yang akan diukur. Agar memudahkan Anda dalam memilih jenis flow meter terbaik sesuai keperluan, simak golongan spesifikasinya sebagai berikut.

  1. Flow meter untuk air suling atau murni yang dengan konduktivitas di bawah 2 micro siemens atau kurang, misalnya air denim dan sejenisnya.
  2. Flow meter untuk bahan produksi makanan minuman, sehingga harus memenuhi standar food grade. Contohnya untuk produksi jus, susu, beer, air nira, saos, kecap.
  3. Flow meter air mengandung chemical, baik itu bersifat asam, basa, ataupun PH normal di mana jenis airnya harus punya ketahanan terhadap sifat korosif.
  4. Flow meter dapat diaplikasikan pada saluran terbuka, contohnya channel, sungai, maupun parit.

Air dengan konduktivitas di atas 10 microsiemens dapat memakai jenis magnetic, turbine, ultrasonic, vortex, ataupun coriolis. Tetapi perlu diingat, bahwa pemilihannya harus berdasarkan fungsi maupun jenis materialnya supaya bermanfaat secara maksimal.

 

 

Jenis Flow Meter Terbaik Untuk Air

Sebagai instrumen pengukur material udara, bubuk, maupun fluida, flow meter memiliki banyak tipe sesuai tujuan pemasangan serta desain keinginan penggunanya. Berikut adalah jenis flow meter terbaik untuk air yang sering dipakai.

1. Ultrasonic

Ultrasonic merupakan sistem yang instalasinya menggunakan sistem non contact, yaitu sensor transducernya tidak mengalami kontak langsung dengan cairan. Maka dari itu, ultrasonic disebut juga sebagai flow meter air portable.

Cara kerja jenis ultrasonic flow meter adalah dengan menghitung kecepatan aliran fluida melalui penggunaan ultra sound. Setelah itu, akumulasi flow rate dapat diketahui lewat luas penampang suatu jalur aliran.

Kegunaannya untuk mengecek performa pompa, analisa proses flow rate fluida, menghitung heat energy, sistem pendinginan untuk cooling tower, mengetahui besar kecilnya aliran cairan pada suatu pipa, dan mengecek ada tidaknya aliran.

 

2. Electromagnetic

Electromagnetic merupakan flow meter air yang tidak memiliki moving part atau bagian bergerak. Hanya dapat dipakai pada air dengan konduktivitas tertentu sesuai syarat manufacture flow meter electromagnetic.

Merupakan jenis meteran ideal karena berguna dalam mengukur aliran cairan tidak homogen, cairan kotor, mengandung lumpur, limbah, waduk, hingga mengandung kotoran seperti plastik atau rumput.

 

Lihat Produk Kami : Electromagnetic Flow Meter

 

Electromagnetic sangat direkomendasikan agar dipakai pada aliran yang pressure drop nya rendah. Terdiri dari 2 komponen, yaitu magnetic flow sensor dan magnetic flow transmitter. Keduanya masih dibagi lagi dalam beberapa bagian.

 

3. Positive Displacement

Positive Displacement (PD flow meter air) dapat mengukur volume gerakan cairan dengan cara membagi suatu ruangan media tetap dengan yang terukur. PD mampu menarik, menahan, mentransfer fluida sehingga dapat dibaca total flow ratenya.

 

4. Differential Pressure

Differential pressure merupakan metode pengukuran aliran cairan, di mana biaya pengadaannya dari rendah hingga sedang. Dapat dipakai dalam cakupan luas hampir seluruh phase maupun kondisi aliran, strukturnya juga kokoh sederhana.

 

5. Rotameter

Cara kerja rotameter adalah dengan mendorong pelampung ke atas oleh cairan, lalu ditarik ke bawah oleh gravitasi. Rotameter dapat memberikan skala linier, akurasinya baik untuk laju aliran rendah menengah, berguna bagi cairan korosif.

 

6. Coriolis Mass

Walaupun terbilang mahal, tetapi coriolis mass flow meter air memiliki tingkat akurasi cukup tinggi mulai dari 0,1%, 0,2%, 0,5%. Dapat dipakai pada berbagai kondisi cairan baik panas atau dingin.

Penurunan tekanannya rendah, sehingga direkomendasikan untuk diaplikasikan pada aliran 2 arah. Jenis meteran ini memiliki coriolis arah positif maupun negatif dalam proses pengukurannya.

 

7. Vortex

Flow meter air jenis Vortex dapat mengukur 3 jenis aliran fluida, yaitu gas, cair, dan uap. Diameter penampang alirannya besar, sehingga mampu menghasilkan output point dalam bentuk analog maupun digital.

 

Tips Memilih Flow Meter Berkualitas Sesuai Keperluan

Sebelum membeli flow meter sesuai keperluan, terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar mendapatkan flow meter berkualitas. Berikut kami berikan tips – tipsnya untuk mendapatkan meteran standar kualitas:

  1. Pahami bahwa hasil pengukuran flow meter dapat berupa flow rate maupun total volume cairan mengalir.
  2. Tentukan dahulu apa jenis kebersihan maupun kotoran dari fluida. Jika merupakan air lumpur, maka ketahui dulu karakteristik lumpurnya, apakah mengandung banyak zat kotor atau justru lebih banyak air bersihnya.
  3. Model terbaru dari flow meter air juga berguna sebagai alat kontrol dengan cara menyambungkannya pada komputer maupun smartphone supaya hasil perhitungan mudah dikirimkan.
  4. Pilih jenis flow meter dengan tipe moveable supaya mudah dipindah maupun dipakai untuk keperluan lainnya, contohnya tipe ultrasonic.
  5. Pilih bahan material dari stainless steel, carbon steel, PVC, aluminium, brass, dan sebagainya sesuai jenis cairan yang akan Anda ukur.
  6. Pertimbangkan apakah memerlukan sistem kedap air pada converter maupun indicator flow meter.
  7. Pilih material berdasarkan tujuan penggunaannya agar nantinya flow meter dapat tahan terhadap bahan – bahan kimia dalam cairan yang diukur.

Meteran air ini sangat membantu, khususnya para pengguna air PDAM agar dapat melihat besarnya konsumsi penggunaan air tiap bulannya. Sehingga dapat memperkirakan berapa jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

 

Lihat Produk Kami : MULTIMAG TM II

 

Namun perlu dipahami, bahwa setelah mendapatkan flow meter air, pastikan bahwa Anda rutin merawatnya. Perawatan flow meter sendiri nantinya dapat berpengaruh pada tinggi rendahnya tagihan pembayaran.

 

Membeli Flow Meter Air di Tempat Terpercaya

Membeli meteran air atau flow meter tidak jauh berbeda dengan kegiatan investasi uang pada suatu barang. Dikarenakan peralatan instrumen ini bukan alat ukur murah, jadi perlu berhati – hati dalam memilihnya.

Anda dapat mempercayai toko terbaik yang menyediakan meteran air berkualitas tinggi serta pelayanan ramah. Hindari kebiasaan tidak mencari informasi produk maupun toko dahulu, karena berakibat mendapatkan flow meter air tidak sesuai spesifikasi.

Sebagai distributor resmi flow meter terbaik di Indonesia, Badja Abadi Sentosa tidak hanya menjual instrumen pengukuran saja. Kami menyediakan jasa service dan repair jika produk – produk Anda mengalami kerusakan.

 

Baca Juga : Apa Itu Meteran Air?

 

Perkembangan teknologi industri menuntut kami untuk menjadi perusahaan yang mengembangkan bidang produk menjadi spesialis. Segera hubungi pihak marketing untuk mendapatkan flow meter air berstandar tinggi.

 
 

Related News

Rekomendasi KWh Meter Rumah Kontrakan
PT BAS

Rekomendasi KWh Meter Rumah Kontrakan

Sat, 08 July 2023
Jenis-jenis Diaphragm Gas Meter dan Kegunaanya
PT BAS

Jenis-jenis Diaphragm Gas Meter dan Kegunaanya

Sat, 18 November 2023
Thermal Gas Meter Indonesia Tawarkan Beberapa Produk Berikut Ini!
PT BAS

Thermal Gas Meter Indonesia Tawarkan Beberapa Produk Berikut Ini!

Thu, 02 November 2023