Apa Saja Kelebihan Ultrasonic Water Meter?

Apa Saja Kelebihan Ultrasonic Water Meter?

 

Water meter merupakan sebuah alat khusus yang dipakai untuk mengukur volume air. Istilah lainnya dari proses pengukuran tersebut dinamakan water metering. Seperti kita tahu, bahwa ada beberapa wilayah yang membatasi penggunaan air ini. Baik karena alasan stok minim atau air di kawasan tersebut harus membeli, sehingga menghemat pemakaiannya penting dilakukan. Apalagi mengingat air ini merupakan sumber kehidupan, apapun alasannya, sudah seharusnya menggunakan secara hemat dan tidak berlebihan. Anda bisa menggunakan alat ini sebagai solusi pengontrolan penggunaan air. Salah satu produk yang dapat dipilih yaitu ultrasonic. Apakah sama dengan flow meter dan apa saja kelebihannya? Menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

 

Perbedaan Flow Meter dan Water Meter

 

Pada dasarnya, antara water meter dengan flow meter itu fungsinya sama, yaitu untuk mengukur air. Perbedaannya terletak pada parameter yang diukur. Biasanya, untuk flow meter dipakai oleh perusahaan irigasi, manufaktur maupun penyedia air. Fungsinya sebagai pengukur laju aliran volumetrik air di dalam sebuah tabung tertutup. Caranya yaitu dengan membiarkan bagian luas penampang yang dilalui oleh air mengalami perubahan. Kemudian menimbulkan efek tertentu untuk nantinya bisa diukur.

 

Sedangkan untuk meter air, dipakai untuk mengukur parameter jumlah debit, bukan laju alirannya. Jadi, walaupun sebagai pengukur objek sama, aspek yang dicermati berbeda. Namun, keduanya sama-sama dibutuhkan pada situasi tertentu.

 

Manfaat dan Cara Menggunakan Water Meter

 

 

Ada beberapa manfaat water meter bisa Anda peroleh. Pertama, mengetahui berapa jumlah pemakaian air pada setiap waktunya. Jadi, Anda bisa melakukan kontrol terhadap penggunaan, apakah perlu dikurangi atau tidak.

 

Kedua, mengetahui pemakaian air sebagai pertimbangan untuk melakukan pembatasan bila dirasa terlalu berlebihan. Jika Anda tidak menggunakan alat ini, akan sulit untuk mengamati berapa pemakaian yang sudah dihabiskan.

 

Ketiga, menghemat biaya pembayaran air pada setiap bulannya. Misalnya, Anda menggunakan tandon dan pipa di rumah yang sumbernya dari sumur. Semakin banyak yang dihabiskan, maka akan semakin besar pula biaya untuk pembayaran listriknya.

 

Sebab, intensitas pengisian tandon lebih banyak dan hal ini memerlukan daya listrik. Berbeda saat Anda menggunakan water meter, bukan hanya menghemat air, tapi juga pengeluaran biaya untuk membayar daya listrik tersebut. Contoh lainnya, Anda membeli dari pihak lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya PDAM. Biaya akan semakin tinggi bila pemakaian Anda semakin boros. Inilah yang membuat pengontrolan penggunaan air sangat penting dilakukan.

 

Cara penggunaan alat ini bukanlah hal sulit. Usai proses pemasangan selesai, akan tampil angka pada meteran tersebut. Angka ini menunjukkan besarnya pemakaian air. Anda bisa mengetahui jumlah pemakaiannya setiap akhir bulan dan menghitung berapa kebutuhan biayanya.

 

Beberapa Kelebihan Ultrasonic Water Meter

 

Ultrasonic water meter memiliki banyak kelebihan yang membuatnya banyak diburu. Terutama bagi mereka yang lingkup kerjanya berkaitan dengan alat ini. Beberapa kelebihannya antara lain:

 

1. Untuk Diameter Pipa Besar Biaya Lebih Terjangkau 

 

Ada yang menyebutkan bahwa penggunaan alat ini untuk sistem perpipaan kecil memerlukan tarif instalasi cukup besar. Namun, data lainnya menyebutkan untuk pemasangan pada pipa diameter besar mampu menghemat pengeluaran. inilah yang membuatnya banyak dipakai atau diterapkan pada industri dengan kebutuhan debit besar. Salah satu contohnya yaitu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan serta penyuplai air bersih, yakni PDAM.

 

2. Tingkat Akurasi Tinggi

 

Kelebihan ultrasonic water meter selanjutnya yaitu tingkat akurasi dalam penghitungan nilai debitnya tinggi. Sangat cocok digunakan oleh perusahaan penyedia untuk mengurangi tingkat air yang hilang, sehingga pendapatan tidak menurun.

 

3. Terhindar Pressure Drop

 

Saluran yang sudah dipasang alat ini akan terhindar dari pressure dop atau penurunan tekanan. Situasi ini bukan hanya menguntungkan pihak perusahaan penyuplai air, tapi juga pelanggan atau penggunanya. Keuntungan bagi perusahaan yaitu debit yang diberikan senantiasa stabil, sehingga risiko kehilangan air bisa dihindari. Sedangkan keuntungan bagi pelanggan, kebutuhan air terpenuhi dengan baik dan lancar, tanpa berisiko mengalami mati atau gangguan.

 

4. Tidak Perlu Memutus Bagian Pipa Saluran

 

Ketika menggunakan ultrasonic water meter, Anda tidak perlu memutus bagian pipa saluran air. Kelebihan ini tidak dimiliki oleh jenis meteran konvensional lainnya. Jadi, proses instalasi menjadi lebih cepat serta mudah. Tidak perlu menggunakan pekerja dengan jumlah banyak dalam proses pemasangannya. Kelebihan tanpa pemotongan pipa ini dimiliki oleh produk meteran air ultrasonic yang sistemnya clamp on. Pemasangannya hanya pada mounting luar dari saluran perpipaan.

 

5. Penagihan Pelanggan Lebih Mudah

 

Kelebihan ultrasonic water meter terakhir yaitu penagihan kepada pelanggan menjadi lebih mudah. Pasalnya, hasil data menunjukkan angka yang lebih akurat. Ditambah sudah ada produk lengkap dengan fitur canggih pemantauan data online dan real time. Bukan hanya akan memudahkan penagihan kepada para pelanggan, tapi juga meningkatkan kualitas dari pengelolaan air. Penghitungan harga air akan secara otomatis dilakukan. Jadi, pembayaran oleh pelanggan tidak akan menunggak atau kelebihan.

 

Kelebihan lainnya dari produk ini yaitu masa baterainya mencapai hingga lebih dari 10 tahun. Jadi, Anda tidak perlu terlalu intens untuk membeli baterai. Selain kelebihan, meteran air ultrasonic juga memiliki kekurangan. Salah satunya, kurang cocok dipakai untuk pengukuran debit kecil. Hal ini karena tarifnya lebih tinggi. Selain itu, dibandingkan jenis meteran lainnya, tarif instalasi termasuk mahal. Kekurangan lainnya, sensitif terhadap perubahan tiba-tiba aliran yang menimbulkan bubble.

 

Tips Memilih Water Meter Sebelum Memutuskan untuk Membelinya

 

Bila Anda masih bingung memilih produk water meter, apakah ultrasonik cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau tidak, perhatikan tipsnya. Untuk tips pertama, ketahui terlebih dahulu kebutuhan Anda. Misalnya seperti kebutuhan spesifikasi antara rumah tangga dengan lingkup perkantoran tentu berbeda. Apalagi untuk skala yang lebih luas lagi, seperti PDAM. Untuk mendapatkan spesifikasi yang cocok, Anda bisa melakukan riset secara mandiri.

 

Atau menanyakan kepada orang lain yang berpengalaman dalam hal memilih spesifikasi meteran. Bisa juga berkonsultasi langsung kepada penyedia produknya. Biasanya pihak penyedia akan memberikan free konsultasi agar produk yang dibeli pelanggannya memenuhi kebutuhan. Tips memilih produk water meter selanjutnya yaitu mencari informasinya di pasaran. Terutama bila Anda masih awam mengenai alat ini, sebaiknya sebelum memilih produk pelajari terlebih dahulu.

 

Sebab, ada banyak sekali jenis alat pengukur air. Bukan hanya perbedaan merk dan spesifikasi saja, tapi juga bahan pembuatan. Ada yang bahan pembuatannya dari kuningan, plastik serta alumunium. Untuk mendapatkan produk tahan lama dan awet, sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan lapisan anti karat. Bukan hanya akan membuat produk tahan lama, tapi juga secara otomatis menghemat pengeluaran Anda.

 

Apakah Anda sedang mencari produk meteran air ultrasonic? Pesan saja di Badja Abadi Sentosa. Salah satu produk yang bisa Anda pilih yaitu Fast-Flo. Tingkat keakuratannya memiliki persentase sekitar 1 persen. Bukan hanya didukung oleh sensor suhu, tetapi juga kartu memori. Secara umum penggunaannya di industri kimia, metalurgi, konservasi dan lain-lain. Informasi lebih jelasnya mengenai spesifikasi produk ultrasonic water meter, Anda bisa langsung menghubungi Badja Abadi Sentosa.

 

 
 

Related News

Cara Kerja Flow Meter
PT BAS

Cara Kerja Flow Meter

Sun, 12 November 2023
Kelebihan Digital Natural Gas Flow Meter Pengukuran yang Canggih
PT BAS

Kelebihan Digital Natural Gas Flow Meter Pengukuran yang Canggih

Thu, 02 November 2023
Thermal Gas Meter Indonesia Tawarkan Beberapa Produk Berikut Ini!
PT BAS

Thermal Gas Meter Indonesia Tawarkan Beberapa Produk Berikut Ini!

Thu, 02 November 2023