Kelebihan Pompa Diafragma, Beserta Cara Kerjanya

Kelebihan Pompa Diafragma, Beserta Cara Kerjanya

 

Ada berbagai macam kelebihan pompa diafragma yang membuatnya banyak menjadi pilihan orang-orang. Pompa atau pump merupakan salah satu alat yang banyak digunakan orang-orang untuk memudahkan pekerjaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menemukan pompa yang berkualitas. Karena jika tidak menggunakan pompa yang berkualitas, ini bisa mengganggu aktivitas atau pekerjaan Anda.

Pompa banyak digunakan untuk kegiatan kegiatan industri dan bahkan untuk kegiatan rumah tangga. Fungsi dari pompa yaitu adalah untuk mengalirkan fluida dari tekanan rendah ke tekanan yang lebih tinggi. Saat ini, ada berbagai macam jenis pompa yang ada di pasaran. Salah satu jenis pompa yang cukup menarik minat masyarakat yaitu adalah pompa diafragma. Kelebihan pompa diafragma membuatnya banyak menjadi pilihan masyarakat.

Setiap pompa tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, itu sebelum membeli pompa ada harus menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Jangan sampai Anda membeli pompa tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Seperti misalnya Anda membeli pompa dengan tenaga yang terlalu kecil sehingga tidak bisa bekerja dengan maksimal sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

 

Pengertian Apa Itu Pompa Diafragma

Sebelum membahas mengenai kelebihan pompa diafragma, kami akan membahas lebih dalam mengenai apa itu pompa diafragma. Secara sederhana pompa diafragma dapat diartikan sebagai pompa yang masuk dalam kategori positive displacement. Dimana ini merupakan jenis pompa yang bekerja dengan cara mendorong keluar dan menghisap fluida dengan menggunakan komponen yang prinsip kerjanya bolak-balik.

2 komponen utama dari pompa diafragma yaitu adalah piston dan diafragma atau biasa disebut sebagai membran. Secara sederhana nantinya membran akan bergerak bolak-balik atau sering disebut sebagai cara kerja reciprocating. Jadi diafragma atau membran yang terdapat pada pompa diafragma itu bersifat fleksibel. Dimana mobil tersebut dapat bergerak dan juga berhubungan langsung dengan berbagai macam komponen lainnya.Dinamika yang dihasilkan oleh membran nantinya akan menghasilkan daya hisap fluida ketika bergerak mundur dan daya tekan keluar ketika bergerak maju.

 

Kelebihan dari Pompa Diafragma

 

 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika pompa ini memiliki berbagai macam kelebihan. Tidak mengherankan jika pompa ini banyak digunakan oleh masyarakat. Berikut berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh pompa diafragma.

 

1. Proses instalasi yang mudah

Kelebihan pompa diafragma yang pertama yaitu adalah mudah dalam proses instalasi. Ini tentunya akan sangat berguna bagi Anda jika ingin melakukan Instalasi sendiri di rumah.Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup atau kemampuan untuk melakukan instalasi sendiri sebaiknya gunakan jasa tukang saja.

 

2. Biaya perawatan murah dan juga hemat energi

Kelebihan pompa diafragma selanjutnya yaitu adalah biaya perawatan yang dibutuhkan relatif sangat murah. Selain itu, pompa ini juga dikenal sangat hemat dengan energi sehingga cocok digunakan sehari-hari. Jika Anda mencari pompa yang hemat energi sepertinya pompa diafragma bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Pompa ini juga sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana karena ukurannya yang relatif kecil.

 

3. Bisa digunakan untuk memompa berbagai macam fluida

Seperti kita ketahui bersama jika kegunaan dari pompa ini yaitu adalah untuk mengalirkan fluida dari tekanan rendah ke tekanan yang lebih tinggi. Salah Satu kelebihan pompa diafragma yaitu adalah bisa digunakan untuk memompa berbagai macam fluida seperti air, lumpur, dan bahan-bahan kimia berbahaya.

 

4. Penggunaan yang sangat praktis

Praktis adalah sesuatu hal yang sangat disukai oleh masyarakat di era modern. Jika Anda ingin pompa yang praktis maka pompa diafragma bisa menjadi pilihan yang tepat. Pompa ini tidak membutuhkan perapat mekanis karena komponen utamanya yaitu membran yang terbuat dari karet.  Dengan bentuknya portable alat ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Dengan menggunakan pompa diafragma Anda juga bisa melakukan penyelesaian laju aliran dan juga tekanan. Ada berbagai macam kelebihan pompa diafragma yang akan semakin membuat Anda nyaman ketika menggunakannya.

 

Kekurangan dari Pompa Diafragma

Setelah membahas berbagai macam kelebihan pompa diafragma, kami akan memberitahu Anda beberapa kekurangan dari pompa ini. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh pompa diafragma.

 

1. Kapasitas yang rendah

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh pompa diafragma yaitu adalah kapasitas yang rendah. Jika dibandingkan dengan pompa jenis sentrifugal, bisa dibilang pompa diafragma memiliki kapasitas kampung yang jauh lebih rendah. Jadi Kapasitas tampung dari pompa Diafragma bergantung pada ukuran dari pompa diafragma itu sendiri, tidak bergantung terhadap perubahan kecepatan yang mendorong dan sikap yang dimiliki oleh pompa diafragma.

 

2. Aliran berdenyut

Kekurangan dari pompa diafragma selanjutnya yaitu adalah memiliki aliran berdenyut. Oleh karena itu pada bagian atas pompa diafragma biasanya diberi peredam untuk mengurangi denyutan yang terjadi.

 

3. Efisiensi rendah

Dengan berbagai macam kelebihan pompa diafragma, alat ini memiliki kekurangan yaitu efisiensi yang rendah. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Bisa dikatakan jika pompa diafragma ini memiliki efisiensi yang rendah pada kapasitas tinggi. Kemudian daya dorong yang dimiliki oleh pompa diafragma juga tidak terlalu akurat pada ujung dasarnya. Menurut sumber yang kami rangkum, pompa diafragma membutuhkan 100 versi volume udara untuk bisa bekerja dengan maksimal dan membutuhkan 20 kaki kubik per menit.

 

Kelebihan Cara Kerja Pompa Diafragma

 

Setelah mengetahui kelebihan pompa diafragma dan kekurangannya, Anda juga penting untuk mengetahui cara kerjanya ketika ingin menggunakan pompa satu ini. Komponen penyusun utama dari pompa diafragma adalah sebuah membran elastis yang terbuat dari karet yang kedap terhadap air. Jadi membran ini terhubung dengan berbagai macam komponen lain seperti misalnya belum yang menciptakan daya pompa fluida.

Pompa diafragma tergolong pompa yang menggunakan perpindahan positif, Oleh karena itu membran akan bergerak maju mundur. Cara kerja dari pompa diafragma yaitu adalah reciprocating. Jadi ketika mobil bergerak mundur akan menciptakan daya hisap fluida. Saat itu, inlet valve akan terbuka sehingga fluida terhisap masuk penghuni ruangan di dalam pompa. Pada saat yang bersamaan, outlet valve akan menutup sehingga air dicegah untuk keluar dan tidak masuk kembali ke ruang pompa.

Ketika diafragma bergerak maju, maka akan menimbulkan daya tolong yang membuat fluida terdorong untuk keluar. Pada saat ini, katup keluar akan terbuka dan katup masuk akan tertutup.Ketika katup masuk tertutup, itu artinya akan mencegah fluida di ruang pompa untuk tidak kembali ke sumber awal. Katup keluar terbuka membuat fluida akan terdorong keluar melalui saluran keluar. Dalam memilih pompa untuk kegiatan sehari-hari memang tidak boleh sembarangan. Ada berbagai macam aspek yang harus diperhatikan, seperti tenaga yang dihasilkan dan juga kebutuhan.

Jangan sampai aktivitas pekerjaan dan menjadi terganggu akibat tidak menggunakan pompa yang sesuai dengan spesifikasi. Badja Abadi Sentosa menyediakan berbagai macam jenis pompa dengan kualitas yang sangat baik. Anda juga bisa menemukan pompa diafragma di Badja Abadi Sentosa. Dengan berbagai macam kelebihan pompa diafragma, tentunya ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang menginginkan pompa hemat energi dan praktis untuk digunakan.

 
 

Related News

KWH Meter-Pengertian, Jenis dan Perbedaannya
PT BAS

KWH Meter-Pengertian, Jenis dan Perbedaannya

Sat, 08 July 2023
Sistem dan Mekanisme Kerja dari Fill Rite Flow Meter Untuk Kebutuhan Lebih Anda
PT BAS

Sistem dan Mekanisme Kerja dari Fill Rite Flow Meter Untuk Kebutuhan Lebih Anda

Mon, 13 November 2023
Kenali Jenis Meteran Gas dan Tempat Terbaik untuk Membelinya
PT BAS

Kenali Jenis Meteran Gas dan Tempat Terbaik untuk Membelinya

Mon, 30 October 2023