Keuntungan Menggunakan Smart Gas untuk Industri

Keuntungan Menggunakan Smart Gas untuk Industri

 

Smart gas merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi di bidang energi yang sangat dibutuhkan oleh industri migas. Penggunaannya secara luas dianggap sangat memudahkan untuk melakukan pemantauan. terutama jumlah pemakaian sehari-hari.Jika ditinjau dari aspek ekonomis, alat tersebut mampu menghemat biaya penggunaan karena pemakaiannya telah diukur secara akurat. Setidaknya ada beberapa keuntungan lainnya yang akan diulas secara lengkap di bawah ini.

 

Keuntungan Menggunakan Smart Gas Berskala Besar untuk Industri

 

Industri yang menghasilkan atau menggunakan gas tentu membutuhkan alat khusus untuk menunjang bisnisnya. Tidak hanya menguntungkan dari segi finansial, tapi juga mampu menghemat biaya, memudahkan pemantauan, hingga mendeteksi adanya gangguan.

 

1. Menghemat biaya berdasarkan data pemakaian

Peralatan seperti sensor yang dipasang dengan benar tentu akan memberikan kinerja maksimal ketika dioperasikan. Salah satunya adalah membantu perhitungan jumlah gas yang digunakan sesuai kebutuhan, sehingga mampu menghemat biaya pemakaian. Acuannya berdasarkan pada data pemakaian, yang bisa dibagi untuk berbagai operasional di perusahaan. Semakin terukur dan akurat hasilnya, tentu pengeluaran bisa ditekan karena biaya benar-benar dibayarkan sesuai dengan kebutuhan saja. 

 

2. Memudahkan pekerja melakukan pemantauan harian

Aplikasi teknologi smart gas untuk pemakaian skala industri dinilai sangat memudahkan pekerja dalam melakukan pemantauan. Penggunaannya akan sangat efektif jika monitoring tersebut dilakukan secara berkala, serta dengan intensitas yang tinggi. Anda bisa mendapatkan alat-alat seperti di atas yang disediakan oleh Badja Abadi Sentosa. Salah satunya adalah Tbqse quantometer buatan FAST-FLO, yang mampu mencatat volume operasional menggunakan indeks sembilan digit. Tbqse quantometer buatan FAST-FLO dikenal memiliki kualitas tinggi dan penggunaannya dipercaya oleh banyak industri migas. Sangat cocok diaplikasikan oleh pabrik penghasil maupun konsumen energi, pemilik restoran, hingga pusat perbelanjaan modern.

 

3. Mendeteksi adanya gangguan selama operasional berjalan

Smart gas juga mampu mendeteksi segala jenis kerusakan untuk melindungi pekerja di industri migas. Metodenya adalah dengan memperingatkan mereka jika terjadi kebocoran, potensi kebakaran atau ledakan, hingga penggunaan intensitas tinggi. Alat tersebut sangat efektif karena mampu memantau kondisi secara real-time selama operasional berlangsung. Tidak hanya mencegah kerugian karena adanya kerusakan, tapi juga menjamin keselamatan dari karyawan saat bekerja di lapangan. 

 

Parameter Evaluasi untuk Mengukur Kinerja Detektor Gas Pintar

 

 

Kinerja smart gas terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga memerlukan evaluasi teknis secara berkala. Beberapa parameter di bawah ini merupakan indikator secara umum untuk mengevaluasi performa untuk mengetahui penyebabnya.

 

1. Menguji kinerja peralatan terhadap berbagai kemungkinan

Mengevaluasi teknologi untuk deteksi gas perlu dilakukan secara ketat untuk mencakup semua aspek penting. Termasuk pengujian dari segi teknis agar mampu melihat masalah secara luas, sehingga memudahkan untuk mencari solusinya. Evaluasi kinerja smart gas tersebut meliputi pengujian tipe, dengan cakupan penyimpanan tanpa daya, pengukuran penyimpangan, uji mekanik, serta lingkungan. Bisa juga dengan melakukan pengujian listrik, stabilitas, sinyal kesalahan, dan sebagainya. Produk Tbqse quantometer yang ditawarkan oleh Badja Abadi Sentosa, merupakan peralatan berkualitas tinggi yang telah melalui berbagai macam pengujian. Bahan alumuniumnya mampu menahan tekanan hingga PN10/16 dengan temperatur gas -20°C-60°C.

 

2. Perlindungan dan izin khusus instalasi di area tertentu

Selain pengujian dari sisi performa, peralatan juga harus memiliki perlindungan masuk (IP) maupun persetujuan untuk klasifikasi penempatan yang tepat. Ingat, area tertentu memiliki dampak pada alat sehingga menimbulkan potensi kerusakan. Smart gas harus dibekali perlindungan masuk dan persetujuan di area berbahaya. Hal ini untuk memastikan kinerja yang konsisten serta aman untuk instalasi indoor maupun outdoor pada kilang minyak dan gas.

 

3. Melakukan benchmarking dengan produk kompetitor

Benchmarking dengan produk kompetitor bertujuan untuk menyelidiki permintaan pasar dan pengguna lainnya. Selain memiliki dampak terhadap aspek marketing, proses tersebut mampu menunjukkan kinerja yang sebenarnya dari detektor gas ketika dioperasikan. Performa smart gas berdasarkan dari benchmarking, akan dievaluasi dengan cara diamati dan kesimpulannya diolah menjadi data. Data tersebut akan dikaji ulang, apakah perlu dilakukan peningkatan dari segi teknologi atau lainnya.

 

Kendala Secara Umum Sebelum Proses Instalasi Dilakukan

Ada beberapa kendala secara umum yang menjadi tantangan tersendiri saat proses instalasi dilakukan. Mulai dari kondisi di lingkungan sekitar, hingga keterbatasan teknologi pada alat terkait sehingga rentan terjadi kerusakan serius.

 

1. Kondisi alam yang tidak bisa diprediksi

Instalasi smart gas sangat rentan terhadap kerusakan jika tanpa dilengkapi proteksi untuk area tertentu. Penyebabnya tidak hanya berasal dari lingkungan di sekitarnya, tapi juga kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi. Serupa dengan instrumen lain, kondisi sekitar - termasuk suhu, kelembapan, badai pasir, dan hujan, sangat rawan menimbulkan kerusakan. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja detektor gas sehingga hasilnya kurang maksimal.

 

2. Keterbatasan teknologi peralatan pada kondisi tertentu

Smart gas juga memiliki keterbatasan di tingkat tertentu, meski telah dibekali teknologi yang cukup canggih. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami keterbatasan dari segi operasional hingga pemasangannya di lokasi. Mencegah sensor terpapar cairan seperti air, minyak, dan cat, merupakan pertimbangan penting yang memperpanjang masa pakai perangkat. Anda juga bisa melakukan pengujian dan kalibrasi sesuai rekomendasi pabrikan untuk melihat performanya.

 

Cakupan Penggunaan Sensor Pintar Khusus Gas untuk Berbagai Kebutuhan

Sensor pintar dianggap memiliki peran yang sangat signifikan bagi industri penghasil maupun pengguna energi gas. Tidak mengherankan jika cakupan implementasinya sangatlah luas, terutama di bidang teknis untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan.

 

1. Menyelesaikan proses pengukuran (measurement) secara presisi

Peralatan tersebut biasanya menggunakan sensor khusus yang disebut sebagai NDIR. Keunggulannya terletak pada biaya perawatannya sangat rendah, tahan lama, serta dapat disesuaikan secara individual untuk memenuhi kebutuhan Anda secara spesifik. Badja Abadi Sentosa sebagai perusahaan yang menyediakan smart gas dan berbagai kebutuhan industri, memiliki beberapa produk terbaik untuk konsumen. Khusus untuk gas, Anda bisa mencoba membeli Tbqse quantometer buatan FAST-FLO.Tbqse quantometer bekerja dengan cara mengukur besaran aliran gas yang mengalir melewati turbin. Dari sana, alirannya dipersempit, dipercepat, dan kemudian diarahkan menuju bagian rotor, agar perhitungan gas sebanding dengan rotasinya.

 

2. Mendeteksi Kebocoran pada pendinginan udara

Dalam teknologi pendinginan dan penyejuk udara, pemantauan terus menerus terhadap proses pendinginan sangat penting. Khususnya pada industri penghasil bahan makanan, aktivitas tersebut mampu mengetahui secara langsung  jika terjadi kebocoran tangki. Smart gas dengan teknologi NDIR tersebut tersedia sebagai solusi broadband untuk aplikasi. Di mana beberapa zat pendingin harus diukur dengan satu pengaturan sensor yang dikalibrasi agar menghasilkan akurasi pengukuran maksimum.

 

3. Menganalisa kandungan pada instalasi biogas

Biogas telah menjadi sumber energi terpenting dalam beberapa tahun terakhir, karena mempercepat tujuan iklim yang lebih sehat. Oleh sebab itu, perlu pengendalian khusus terhadap kandungan CO2 dan CH4 pada instalasinya. Sensor gas NDIR mampu menganalisa kandungan CO2 dan CH4 secara cepat, sehingga memudahkan proses selanjutnya. Hal ini memungkinkan proses fermentasi untuk produksi gas berjalan dengan baik, sekaligus mengendalikan stasiun biogas.

Pertumbuhan industri di bidang migas serta pengguna produk turunannya, mau tidak mau harus menggunakan bantuan teknologi untuk mengefisiensi kinerja. Oleh sebab itu, alat seperti smart gas menjadi pilihan utama perusahaan.

 

 
 

Related News

Pengertian Slurry Flow Meter dan Sistem Kerjanya
PT BAS

Pengertian Slurry Flow Meter dan Sistem Kerjanya

Mon, 30 October 2023
Karakteristik Aliran Flow Meter
PT BAS

Karakteristik Aliran Flow Meter

Thu, 02 November 2023
Turbine Flow Meter Working Principle
PT BAS

Turbine Flow Meter Working Principle

Wed, 14 December 2022