Produk Coriolis Mass Meter Jakarta beserta Cara Kerjanya

Produk Coriolis Mass Meter Jakarta beserta Cara Kerjanya

 

Coriolis Mass Meter Jakarta atau Coriolis Meter merupakan pengukur aliran terutama dalam proses yang ada kaitannya dengan massa, semisal reaksi kimia, perpindahan panas, dan lain sebagainya. Di dalam penggunaannya alat ini memanfaatkan efek coriolis untuk mengukur kecepatan aliran suatu prosesnya. 

Kemudian efek coriolis ini sebuah fenomena pembelokan arah benda yang bergerak. Benda tersebut terlihat seperti melengkung saat benda bergerak. 

Efek coriolis menjadi sebuah pengukur aliran yang menjadi terobosan baru di dunia teknologi. Di dalam proses yang terjadi di pengukuran aliran harus akurat yang menjadi prasyarat. Alat ini juga dianggap seperti pengukur massa sejati. Hal ini lantaran memiliki kecenderungan untuk menghitung laju massa aliran secara langsung. 

Sedangkan pada pengukur aliran lainnya menghitung aliran volumetrik. Hal ini karena massa yang tidak berubah, tidak diperlukannya penyesuaian untuk berbagai karakteristik fluida. Hal ini yang membuat meter Coriolis beroperasi secara linier.

Produk Coriolis Mass Meter Jakarta beserta Cara Kerjanya

Coriolis Mass Meter Jakarta sendiri memiliki sejumlah desain yang berbeda. Akan tetapi pada biasanya, desain pengukur aliran ini punya satu atau dua tabung yang berbentuk huruf U. Dengan posisi inlet berada di satu sisi dan outlet di sisi lainnya. Tabung ini ditutup dalam rumah sensor yang sudah terhubung ke unit elektronik. 

Di dalam unit ini nantinya cairan akan melewati tabung berbentuk U yang bergetar dalam osilasi harmonik sudut. Kemudian gaya Coriolis ini akan merusak tabung. Komponen getaran selanjutnya akan ditambahkan ke tabung yang sudah berosilasi tadi. Kemudian elemen getaran tambahan ini akan menghasilkan pergeseran putaran pada beberapa bagian tabung. 

Coriolis flow meter yang terbuat dari stainless steel sangat cocok untuk digunakan pada berbagai industri chemical dan beverage. Karena alat ini sudah memenuhi syarat food grade yang memiliki ketahanan cukup baik terhadap akibat cairan dan lingkungan korosif. 

Keuntungan Menggunakan Coriolis Mass Meter Jakarta 

 

 

Keuntungan utama dari menggunakan alat ini adalah dengan kemampuannya yang dapat melakukan beberapa pengukuran. Tidak hanya bisa mengukur aliran masa secara langsung, alat ini juga dapat mengukur kerapatan proses. Caranya dengan memantau durasi getaran tabung dan dapat mengkarakterisasi sebagai kerapatan. 

 

Lihat Produk Kami : Coriolis Mass Meter

 

Keuntungan lain alat ini adalah kemampuannya dalam menghitung laju aliran massa secara langsung. Sehingga hal ini akan menghilangkan kompensasi untuk perubahan suhu, kondisi tekanan, dan viskositas. Berikut manfaat lainnya dari alat ini: 

  1. Memiliki tingkat akurasi yang lebih baik ketimbang mayoritas teknologi flow meter lainnya. 
  2. Bisa mengukur aliran cairan panas misalnya sulfur cair dan aliran dingin seperti nitrogen cair. 
  3. Alat ini juga bisa dipakai dalam bagaimanapun kondisi cairan seperti di atas. 
  4. Alat ini cocok untuk aliran dua arah. 
  5. Penurunan tekanan yang lebih rendah. 

Cara Kerja Coriolis Mass Meter Jakarta

Coriolis meter ini memiliki akselerasi coriolis negatif dan positif ke dalam proses pengukuran. Gaya eksitasi osilasi akan menuju ke tabung melalui miniature electric coils atau velocity transducer. Sehingga hal ini dapat menyebabkan getaran yang diukur dengan sensor magnetik. 

 

Lihat Produk Kami : Electronic CCG Oil Flow Meter

 

Kemudian Coriolis Mass Meter Jakarta ini akan bergetar pada amplitudo sangat kecil, biasanya kurang dari 0.01 inchi atau 2.5 mm. Frekuensi ini hampir mendekati frekuensi alami perangkat, biasanya sekitar 80 Hz. Saat tidak ada aliran tabung akan bergetar dan keluar gelombang sinus dari masing-masing transduser. 

Jadi ketika aliran dimulai, fluida mengalir melalui tabung sehingga dapat menginduksi rotasi atau putaran ke tabung. Karena adanya percepatan Efek Coriolis yang beroperasi dalam arah yang berlawanan pada kedua sisi gaya yang diberikan. 

Misalnya, saat ada tabung flow meter yang bergerak ke atas selama putaran pertama. Fluida kemudian akan mengalir ke resists meter dipaksa naik dan menekan tabung. Sebaliknya, cairan yang mengalir keluar dari resists meter dengan gerakan vertikal menurun sehingga mendorong tabung. 

 

Baca Juga : PT Badja Abadi Sentosa Digital Flow Meter Terlengkap di Indonesia

 

Tindakan ini dapat menyebabkan tabung flow meter berputar. Selama bergerak ke bawah dalam dua putaran siklus getaran, tabung akan berputar ke arah yang berlawanan. Sehingga pelintiran ini dapat menghasilkan perbedaan fase antara saluran masuk dan saluran keluar. Perbedaan fase ini secara langsung dapat dipengaruhi oleh massa yang melewati tabung. 

Coriolis Mass Meter Jakarta 

Alat yang satu ini bisa digunakan untuk kontrol batch, pemindahan cairan, dan pencampuran atau pengisian dari dosis. Coriolis Mass meter banyak digunakan untuk pengukuran cairan, gas meter dan bubur, bahkan untuk cairan yang penangannya cukup sulit. Caranya ini seperti: 

  • Minyak bumi: minyak mentah, pelumas, bubur batubara, dan bahan bakar lainnya. 
  • Bahan viskositas tinggi: aspal, gemuk. dan minyak berat. 
  • Bahan partikulat tersuspensi dan padat: bubur semen dan bubur kapur. 
  • Bahan yang mudah dipadatkan seperti aspal. 
  • Pengukuran aliran mikro: industri farmasi dan bahan kimia halus. 

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari coriolis mass meter, diantaranya: 

  1. Memiliki tingkat akurasi aliran yang tinggi. 
  2. Mudah untuk diaplikasikan dan tidak memerlukan pengkondisian aliran atau pipanya yang lurus. 
  3. Memiliki kisaran suhu yang lebar. 
  4. Dapat menangani tekanan yang tinggi.
  5. Tidak memerlukan perawatan rutin. 

Alat ini memiliki tingkat akurasi sebesar +/- 0.2% atau +/- 0.1% dengan diameter DN3 hingga DN200. Rentang pengukuran kepadatannya sebesar 0.3 hingga 3.000 g/cm3 lalu temperatur akurasinya +/- 1°c. Kemudian kekuatan tekanannya juga standar sebesar 4.0 Mpa yang sesuai dengan harga Coriolis Mass Flow Meter. 

Fungsi Coriolis Mass Meter Jakarta 

Alat ini memiliki sejumlah fungsi flow meter, diantaranya: 

  1. Tidak diperlukannya kompensasi untuk variasi tekanan dan suhu. Selain itu juga pengukuran massa tidak sensitif terhadap perubahan kepadatan dan viskositas.
  2. Dapat membantu untuk menangani cairan yang memiliki viskositas berubah sesuai dengan kecepatan sementara tekanan dan suhu masih konstan. 
  3. Alat ini juga disebut dengan meter universal karena cukup mampu untuk mengukur hampir semua liquid, cairan, dan gas. Selain itu juga bisa mengukur cairan, seperti gas Newtonian, non-Newtonian, dan cukup padat. 
  4. Tidak memiliki batasan bilangan Reynolds yang digabungkan dengan flow meter Coriolis. 
  5. Pengukur yang satu ini bisa diterapkan untuk berbagai aplikasi, mulai dari perekat, pelapis, hingga nitrogen cair. 
  6. Kejangkauan tipikal tabung lengkung yang dirancang Coriolis meter ini bervariasi mulai dari 100:1 hingga 200:1. Sedangkan untuk meter tabung lurus, jangkauannya cukup terbatas yakni sekitar 30:1 hingga 50:2. Akurasi meter tabung ini cukup rendah. 

Itukah produk Coriolis Mass Meter Jakarta dan cara kerjanya. Jika Anda sedang kebingungan untuk mencari produk tersebut yang terbaik bisa mengunjungi di www.tokicosys.com/en/ untuk mengetahui produk dan informasi lebih lanjut.  

 

 

 
 

Related News

Bagaimana Caranya Kalibrasi Liquid Flow Meter?
PT BAS

Bagaimana Caranya Kalibrasi Liquid Flow Meter?

Wed, 14 December 2022
Perbedaan KWh Meter dan KWh Digital-Listrik Pintar
PT BAS

Perbedaan KWh Meter dan KWh Digital-Listrik Pintar

Sat, 08 July 2023
Jenis-jenis Gas Flow Meter Berdasarkan Teknologinya
PT BAS

Jenis-jenis Gas Flow Meter Berdasarkan Teknologinya

Sun, 12 November 2023