Mengenal Meteran Gas Mall/Industri, Fungsi, Serta Jenis-Jenisnya!

Mengenal Meteran Gas Mall/Industri, Fungsi, Serta Jenis-Jenisnya!

 

Meteran gas mall/industri menjadi hal yang sangat wajib di dalam bidang industri. Sebagian orang mungkin masih asing dengan alat industri satu ini, tetapi fungsinya tidak main-main.

Di dalam dunia industri atau mall yang berskala besar, semua harus sesuai standar yang sudah ada. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar proses produksi dan demi keamanan bersama. Pada umumnya gas meter memang berada di perumahan, komersial, dan bahkan industri bangunan yang mengonsumsi bahan bakar gas.

Mungkin tidak semua memahami alat ini. Berikut ini penjelasan mengenai apa itu gas meter dan juga fungsinya.

Apa Meteran Gas Mall/Industri?

 

 

Sesuai dengan namanya, tentu saja meteran gas merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur kuantitas atau laju aliran gas. Alat ini juga berfungsi untuk mengukur volume bahan bakar gas seperti gas alam dan juga propanas.

 

Lihat Produk Kami : TBQS Quantometer

 

Untuk mengukur gas sendiri memang lebih sulit. Alasannya tentu saja karena volume yang diukur akan sangat dipengaruhi oleh suhu dan juga tekanan. Sedangkan gas meter industri sendiri merupakan bahan gas yang difabrikasikan untuk penggunaan dalam dunia industri.

Gas utama yang tersedia adalah oksigen, nitrogen, karbondioksida, argon, helium, asetilen, dan hidrogen yang tersedia di dalam kemasan tabung. Industri gas yang memproduksi gas industri terkenal sebagai perusahaan gas industri. Mereka mencakup pasokan peralatan dan juga teknologi yang menggunakan dan membuat gas-gas.

Penggunaan meteran gas industri atau malli akan mengukur volume yang ditetapkan, terlepas dari berapapun jumlah tekanan dan juga kualitas gas yang mengalir melalui meter. Tekanan, suhu, dan pemanasan nilai kompensasi dibuat untuk mengukur jumlah pasti dan juga nilai gas bergerak dengan meter.

Desain meteran gas untuk mall atau industri juga berbeda dengan yang lainnya karena tergantung pada laju aliran volumetrik gas, jenis gas tersebut, besaran arus yang disesuaikan, serta beberapa faktor lainnya.

Fungsi Meteran Gas Meteran Gas Mall/Industri

Sebagai alat ukur, meteran gas tentunya berfungsi untuk mengukur jumlah gas pada waktu dan juga keadaan tertentu. Inilah beberapa fungsi sebenarnya dari meteran gas industri:

1. Membantu Merawat Mesin

Pada perusahaan industri, gas meter banyak berguna untuk mengukur kapasitas dan juga kinerja suatu alat. Kemudian, nantinya akan terdeteksi kerusakan lebih awal dan terhindar dari kerugian besar.

2. Membantu Menekan Biaya Produksi

Biasanya menghitung biaya produksi membutuhkan pedoman besar. Dengan menggunakan meteran gas industri atau mall,maka angka ukuran yang masuk ke dalam variabel perhitungan produksi akan menjadi jauh lebih akurat.

3. Proses Produksi yang Efisien dan Efektif

Dalam industri manufaktur, penggunaan air, tekanan udara, dan juga steam menjadi suatu hal yang krusial. Mereka harus menyesuaikan kebutuhan pada mesin produksi mesin produksi dan lini produksi.

4. Perlakuan Setiap Material yang Berbeda

Pada semua material, meteran gas industri atau mall ini memiliki ciri khas yang berbeda. Meteran ini akan memberikan data untuk menentukan ukuran pipa saluran yang akan digunakan.

5. Membantu Mengontrol Rangkaian Elektronik

Fungsi terakhir adalah untuk membantu mengontrol rangkaian elektronik. Rangkaian elektronik ini pasti akan membutuhkan data input yang tepat dari gas meter. Nantinya angka tersebut akan membantu sinyal serta aliran listrik agar bekerja dengan baik.

Jenis-Jenis Meteran Gas Mall/Industri

Terdapat beberapa jenis meteran gas yang berfungsi untuk mengukur laju aliran volumetrik gas. Inilah beberapa jenis gas meter sekaligus kelebihan dan kekurangannya.

1. Meteran Gas Mall/Industri Diaphragm Meters

Alat pengukur gas ini memiliki empat ruang pengukuran. Semua ruang pengukuran tersebut dihubungkan bersamaan untuk membentuk uni. Keempatnya dapat dipisahkan oleh diafragma dan juga dinding yang bisa dideformasi.

Diafragma akan terhubung melalui piston yang berputar. Kemudian, jumlah gas yang melaluinya akan segera diukur jika volume masing-masing ruang sudah terdeteksi.

Kelebihan dari meteran gas ini adalah pengukurannya yang bisa menggunakan generator pulsa untuk menyediakan pembacaan meter. Sayangnya, kebocoran pada bagian yang bergerak dan juga diafragma menjadi penyebab utama dari kesalahan pengukuran ketika menggunakan diaphragm meters ini.

2. Meteran Gas Mall/Industri Rotary Displacement Meters

Jenis selanjutnya adalah rotary displacement meters yang memiliki dua impeller berputar. Kedua impeller tersebut diposisikan sebaik mungkin agar terlihat tegak lurus terhadap sumbu putar.

Jadi, celah yang ada di antara impeller dan rumah sangat kecil. Jumlah gas dapat alat ini ukur secara langsung saat volume masing-masing ruang sudah diketahui.

Sistem operasi meteran gas mall/industri ini adalah gear yang memberikan dorongan eksternal kepada ember pengukur untuk melakukan sinkronisasi impeller. Selama rotasi, terdapat empat penampung gas yang keluar melalui ember pengukur.

3. Meteran Gas Mall/Industri Ultrasonic Gas Flow Meter

Umumnya ultrasonic gas flow meter ini digunakan untuk mendeteksi aliran gas di dalam industri pertambangan, gas alam, dan juga kimia. ultrasonic gas flow meter bekerja dengan berdasarkan perbedaan waktu, metode Doppler, frekuensi, dan juga fase.

Metode perbedaan waktu biasanya berfungsi sebagai pengukur kecepatan dan juga laju alir dari gas. ultrasonic gas flow meter bekerja dengan cara menghitung waktu transit gelompang ultrasonik yang ada di aliran hilir dan juga hulu.

Kelebihan dari ultrasonic gas flow meter adalah instalasi yang lebih mudah dan simpel tanpa harus mematikan aliran terlebih dahulu karena terpasang di bagian luar pipa. Biasanya ultrasonic gas flow meter berfungsi pada semua jenis pipa dari logam, polyurethane, dan lain sebagainya.

Kekurangan dari meteran gas industri ini ada pada biayanya yang relatif tinggi, apalagi dengan penerapan multi sensor. Sinyalnya juga cenderung lemah pada low flow rate.

4. Meteran Gas Mall/Industri Turbin Meters

Pengukuran dengan meteran gas industri ini membuat molekul gas cenderung bergerak lewat meteran secara konsisten dan menghasilkan denyut selama kalibrasi berlangsung. Peredam suara juga berguna untuk menghindari kesalahan pengukuran yang signifikan.

 

Lihat Produk Kami : Industrial Diaphragm Gas Meter

 

Komponen utama dari turbin meters adalah sistem roda gigi, roda turbin, unit rumah tertutup, dan juga bagian ekstrusi. Turbin meters ini dapat menghitung kecepatan pergerakan gas melalui rotor atau heliks.

Kelebihan dari turbin meters adalah tingkat akurasi dan ketepatannya yang tinggi mencapai 0.5% jika dengan pemasangan dan kalibrasi yang tepat. Dari segi biaya juga turbin meters relatif lebih terjangkau dengan proses pemasangan yang mudah.

Kekurangan dari turbin meters hanya di bagian yang bergerak rawan terjadi sumbatan. Apabila kekentalan cairan terlalu kuat maka akan terjadi error pada pengukuran.

 

Baca Juga : Panduan Flow Meter untuk Bidang Industri Migas

 

PT Badja Abadi Sentosa menawarkan berbagai jenis meteran gas industri atau mall tersebut. Dengan sistem pemesanan yang mudah dan jam terbang tinggi, mereka menjadi distributor meteran gas terbaik di Indonesia.

 

 

 

 
 

Related News

Produk dan Fungsi Penting Gas Meter Apartemen Wajib Anda Ketahui
PT BAS

Produk dan Fungsi Penting Gas Meter Apartemen Wajib Anda Ketahui

Mon, 30 October 2023
Cara Membaca Meteran Air
PT BAS

Cara Membaca Meteran Air

Wed, 14 December 2022
Jenis Meteran Gas PGN, Cara Mencatat serta Pelaporannya
PT BAS

Jenis Meteran Gas PGN, Cara Mencatat serta Pelaporannya

Mon, 30 October 2023