Kenali Jenis Meteran Gas dan Tempat Terbaik untuk Membelinya

Kenali Jenis Meteran Gas dan Tempat Terbaik untuk Membelinya

 

Meteran gas merupakan alat pengukur aliran khusus yang bisa digunakan untuk mengukur volume dari bahan bakar gas seperti propana dan gas alam. Pada dasarnya sulit untuk mengukur volume gas karena volume yang diukur dipengaruhi oleh tekanan dan juga suhu.

Dalam melakukan pengukuran volume dipengaruhi oleh kompensasi suhu tekanan, dan pemanasan. Alat ini memiliki satu fungsi saja, yaitu hanya melakukan pengukuran pada volume. Lalu untuk kualitas dan jumlah panas tidak akan diperhitungkan. 

Jenis Meteran Gas

 

 

Laju aliran volumetrik gas diukur menggunakan berbagai gas meteran. Meteran ini dirancang untuk mendeteksi jenis gas serta berbagai aliran. Bagi Anda yang membutuhkan meteran ini, PT. Badja Abadi Sentosa menjadi salah satu tempat yang menjualnya. Berikut merupakan beberapa jenis dari meteran ini:

1. Diaphragm Meters

Meteran gas yang satu ini memiliki empat ruang pengukuran yang dihubungkan secara bersamaan untuk membentuk unit yang dipisahkan oleh diafragma dan dinding yang bisa di deformasi. Diafragma tersebut akan terhubung melalui piston yang berputar.

 

Lihat Produk Kami : Industrial Diaphragm Gas Meter

 

Jumlah gas yang melewati diafragma meter ini bisa langsung diukur jika volume masing-masing ruangan sudah diketahui. Pengukuran diafragma juga bisa digunakan dengan generator pulsa. Kegunaannya adalah untuk menyediakan pembacaan meter.

2. Rotary Displacement Meters

Meteran jenis ini merupakan dua impeler berputar yang ditempatkan saling berhadapan di dalam unit rumah dan membentuk meteran dengan perpindahan putar. Impeler diposisikan sedemikian rupa agar penampangnya tegak lurus terhadap sumbu putar, dan celah antara impeler dan rumah menjadi kecil.

 

Lihat Produk Kami : Prepaid Diaphragma Gas Meter

 

Jumlah gas yang bisa diukur secara langsung menggunakan meteran jenis ini yaitu jika masing-masing ruang sudah diketahui. Ketika melakukan gerakan rotasi pada poros engkolnya akan menghasilkan fungsi sebagai elemen aliran utama. Pulsa listrik juga akan dihasilkan dari sistem yang ada pada komputer.

3. Turbine Meters

Jika Anda menggunakan meteran jenis ini selama pengukuran, molekul gas akan cenderung berjalan melalui meteran secara terus menerus sehingga menghasilkan denyut selama kalibrasi. Peredam suara bisa Anda gunakan untuk menghindari kesalahan terhadap pengukuran yang signifikan.

Sistem roda gigi, roda turbin, bagian ekstrusi, dan unit rumah tertutup merupakan komponen utama dari turbine meters. Ketika gas mulai mengalir, maka roda turbin juga mulai berputar. Putaran roda tersebut sebanding dengan kecepatan aliran. Oleh karena itu, volume gas bisa dihitung sesuai putaran roda.

4. Orifice Meters

Meteran jenis ini memiliki bentuk yang berupa pipa lurus dan panjang. Pada bagian pelat lubangnya memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan, sehingga bagian tersebut akan berpengaruh besar terhadap aliran. Meteran jenis lubang akan menyimpulkan laju dari aliran gas.

Cara pengukurannya dengan mengukur perbedaan tekanan terhadap seluruh hambatan aliran yang dirancang dan dipasang secara khusus. Meteran jenis ini merupakan meteran diferensial. Selain dalam pengukuran fluida, meteran jenis ini juga bisa digunakan untuk mengetahui tekanan statis, kepadatan, suhu dan viskositas.

Penggunaan meteran gas ini banyak berada di sektor industri yang menangani laju aliran besar. Meteran ini dapat Anda pasang secara permanen karena tidak ada bagian yang bergerak.

5. Glass Tube Meters

Meteran jenis tabung gas ini dapat dilihat pengukurannya secara langsung melalui tabung kaca yang tersusun dari bahan pyrex glass. Ukurannya cukup besar dan bisa dipasang secara vertikal. Kegunaannya adalah untuk menghemat ruang pemasangan.

Kemampuan dalam pengukuran dari meteran jenis ini yang paling tinggi adalah 120 derajat celsius. Sedangkan untuk pressure sebesar 10 bars. Tekanannya bisa mencapai hingga 60 meter jika Anda memilih material meteran yang terbuat dari bahan metal.

6. Thermal Mass Meters

Di dalam melakukan pengukuran menggunakan jenis meteran ini, Anda harus melakukannya pada saluran tertutup. Mengapa demikian? Jika dilihat dari desain meteran ini, penggunaannya bisa disandingkan dengan pengukur aliran elektronik dan katup.

7. Ultrasonic Meters

Meteran aliran ultrasonik memiliki bagian yang lebih lengkap dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan jenis yang mekanis. 

Jenis mekanis akan membutuhkan sebuah proses sinyal dan komputer yang akan digunakan dalam mengukur kecepatan gerakan gas.

Dalam mengukur kecepatan gerakan gas, Anda bisa mengukur suara yang bergerak di media pipa gas. Kecepatan suara standar akan memprediksi tekanan, suhu, dan komposisi tertentu. Jumlah dari inferensi dan kontrol analognya serta perhitungan intrinsik pada bagian meter Coriolis.

Elemen lainnya yang melengkapi meteran jenis ini seperti penginderaan, elektronik, dan komputer aktuasi. Komponen yang lengkap ini membuat gerakan pada meteran aliran ultrasonik akan menjalankan fungsinya dengan benar.

Bagian Coriolis meter berfungsi dalam memperbaiki berbagai laju aliran dan kemampuan lainnya dalam mengeluarkan aliran massa. Hal ini tentu bisa menghadirkan hasil yang akurat dengan aliran tinggi hingga ukuran aliran massa.

Caranya yaitu dengan melakukan pengaturan padat terhadap Coriolis dengan cara memberikan kesimpulan laju aliran gas ketika kondisinya sedang mengalir. Meteran ini juga bisa digunakan dalam melakukan pengaturan volume gas alam.

Meteran Gas Terbaik

Tempat membeli meteran gas dengan harga terjangkau bisa menghubungi Distributor Flow Meter Gas PT. Badja Abadi Sentosa sebagai toko online terpercaya penyedia meteran gas yang Anda butuhkan. Kami menyediakan meteran dan memberikan jasa service serta repair produk meteran.

 

Baca Juga : 3 Fungsi Gas Meter Apartemen yang Wajib Anda Ketahui

 

Kami memiliki meteran metrix 2UG0G6, industrial diaphragm gas meter, prepaid diaphragm gas meter, residential diaphragm gas meter, TBQM turbine flow meter, TBQS quantometer, TBQSe quantometer with electronic index, TEC II conversion device, thermal mass gas meter dan masih banyak lagi. 

Itulah pembahasan mengenai meteran gas yang perlu Anda perhatikan jenis-jenisnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

 

 

 
 

Related News

Gas Flow Meter: Fungsi, Jenis, beserta Harganya
PT BAS

Gas Flow Meter: Fungsi, Jenis, beserta Harganya

Thu, 30 May 2024
Pengertian dan Fungsi Electromagnetic Flow Meter
PT BAS

Pengertian dan Fungsi Electromagnetic Flow Meter

Sun, 12 November 2023
Contoh Alat Instrumentasi Industri yang Banyak Digunakan dan Kegunaannya
PT BAS

Contoh Alat Instrumentasi Industri yang Banyak Digunakan dan Kegunaannya

Wed, 14 December 2022