Produk dan Fungsi Penting Gas Meter Apartemen Wajib Anda Ketahui

Produk dan Fungsi Penting Gas Meter Apartemen Wajib Anda Ketahui

 

Di era yang sudah modern seperti saat ini ada banyak orang lebih memilih untuk tinggal di apartemen daripada di rumah. Untuk lebih menjaga kenyamanan dan keamanan dari orang yang tinggal di apartemen, ada suatu alat yang berfungsi untuk mendeteksi gas. Alat tersebut merupakan gas meter apartemen yang berfungsi sebagai pengukur kuantitas atau laju aliran gas. 

 

Baca Juga : Mengenal Meteran Gas Mall/Industri, Fungsi, Serta Jenis-Jenisnya!

 

Adanya gas meter ini menjadi solusi untuk mengetahui seberapa besar aliran dan juga volume bahan bakar gas. Bahan ini seperti gas alam dan propana. Sederhananya, alat ini dapat berguna sebagai pendeteksi keberadaan gas dalam suatu ruang termasuk apartemen. Selain apartemen, gas meter ini juga disediakan di kawasan industri pabrik, lokasi pertambangan, dan juga kilang minyak. 

Tingkat Keamanan Gas Meter Apartemen

Gas meter ini sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan penggunanya. Pada umumnya apartemen merupakan ruang tertutup dengan akses udara yang sedikit. Hal ini bisa membuat gas dapat lebih tersulut api dan bisa menyebabkan hal yang lebih berbahaya. 

Maka dari itu, jika Anda memilih untuk tinggal di apartemen harus memastikan untuk memiliki alat gas meter. Tentunya hal ini bisa membuat Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat terdapat zat kimia yang tercampur dalam udara. Alat ini akan langsung mendeteksi dengan akurat. Berikut ini seputar alat gas meter di apartemen, fungsi dan produk terbaiknya yang perlu Anda tahu selain gas apartemen juga ada gas meter restoran

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Perihal Gas Meter Apartemen 

Meteran gas ini menjadi bagian integral dari jaringan gas. Saat membelinya, Anda perlu memverifikasi throughputnya, yakni untuk menentukan volume gas yang sudah melewati perangkat per satuan waktu. Anda bisa memeriksa tanggal pembuatan perangkat. Hal ini karena interval kalibrasi dihitung semenjak tanggal pembuatan dan bukan tanggal pemasangan. 

Selain itu, periksa sisi manakah yang perlu dipasang dari sumber gas. Karena setiap model yang berbeda memungkinkan untuk menghubungkan kedua sisi yang berbeda pula. Anda bisa mempercayakan pemasangan kepada spesialis. 

Tempat yang Sebaiknya Memasang Gas Meter Apartemen 

Ada beberapa tempat yang dilarang untuk dipasangi perangkat ini, diantaranya: 

  1. Pada tempat-tempat yang memiliki jarak kurang dari 3 meter dari piranti gas dan diukur dengan panjang pipa. 
  2. Tempat seperti relung umum untuk meteran gas dan listrik. 
  3. Pada kamar dengan risiko peningkatan kelembaban uap, udara, dan lain sebagainya. Contoh tempat ini seperti kamar mandi. 
  4. Tempat yang kurang dari 1 meter dari kompor gas atau oven lainnya jika diukur di dalam proyeksi horizontal. 

Anda bisa memasang gas meter ini pada beberapa tempat seperti: 

  1. Tempat seperti pintu masuk atau koridor umum. 
  2. Kemudian pada lemari yang terbuat dari bahan tahan api dengan bukaan ventilasi. 
  3. Di luar gedung bersama dengan perlengkapan utama dari instalasi gas. 
  4. Di dalam poros berventilasi untuk pemasangan anak tangga. Hal ini dengan pintu tanpa bukaan ventilasi yang bisa diakses dari tempat non-perumahan. 
  5. Di dapur yang membentuk ruangan terpisah.

Fungsi Gas Meter Apartemen 

 

 

Ada beberapa fungsi gas meter apartemen yang bisa menjaga keamanan dan kenyamanan Anda. 

1. Dapat Mendeteksi Gas Beracun dalam Ruangan 

Gas meter ini dapat berfungsi untuk menangkap zat atau gas yang beracun. Melalui sensor yang ada di dalam alat ini akan sangat mudah dalam mendeteksi gas seperti karbon monoksida, hidrokarbon, dan lain sebagainya. Sehingga alat ini menjadi sangat penting untuk Anda yang tinggal di apartemen dengan lingkungan pabrik. 

 

Lihat Produk Kami : 2UG-G6

 

Untuk Anda yang tinggal di apartemen dengan lingkungan kawasan industri di sekitarnya, harus menggunakan gas meter. Jangan sampai Anda terkena penyakit karena tidak segera menyadari banyaknya gas yang menyatu di dalam udara yang dihirup setiap harinya. 

2. Penipisan Oksigen dalam Ruangan 

Gas oksigen yang terlalu berlebihan di dalam ruangan tertutup dapat membahayakan pengguna didalamnya. Hal ini saat tekanan oksigen dalam suatu ruangan lebih tinggi 1 bar dari tekanan normal. Ini dapat menyebabkan udara menjadi beracun dan dampaknya bisa menimbulkan berbagai penyakit vital dalam sistem saraf. 

 

Lihat Produk Kami : Industrial Diaphragm Gas Meter

 

Menggunakan gas meter dalam ruangan apartemen dapat mencegah terjadinya kelebihan oksigen. Alat ini juga bisa bermanfaat untuk menipiskan kadar oksigen yang berlebihan dalam apartemen.

3. Mendeteksi Gas yang Mudah Menyulut Api 

Fungsi utama dari alat ini adalah untuk mendeteksi gas yang mudah menyulut api. Ada beberapa jenis benda yang memiliki zat dan mudah tersulut api. Diantaranya seperti LNG, gas LPG, dan karbit. Bisa juga terkadang kurang berhati-hati saat menggunakan benda-benda ini dan dapat menyebabkan kebakaran. 

Menggunakan gas meter dapat mencegah terjadinya kebakaran oleh gas-gas diatas. Karena gas meter ini dapat mendeteksi gas penyebab tersulutnya api. Sehingga konsentrasi gas yang ada di dalam ruangan ini dapat Anda ketahui sejak awal dan bisa lebih berhati-hati. 

Flow Meter 2UG-G6 untuk Gas Meter Apartemen 

Salah satu produk terbaik dari gas meter untuk apartemen ini adalah Flow Meter Gas 2UG-G6 seri UG 2.2 dm3. Dimana produk ini khusus dirancang untuk pengukuran gas yang dipasok ke restoran atau mall, terutama ke apartemen, dan bahkan bisa digunakan di rumah dimana konsumsi gasnya tidak lebih dari 10 m³per jam dari kepadatan udara 1.2 kg per m³. 

Alat yang satu ini memiliki manfaat dan fitur yang bisa digunakan untuk pengukuran gas kota, gas alam, dan gas propana butana. Dimana maksimal laju aliran alat ini hingga 10 m³/h dengan minimal laju alirannya 0.06 m³/h. Untuk nominal laju aliran alat ini berada di angka 10 m³/h dan maksimal tekanan yang bisa dihasilkan sebesar 0.5 bar. 

Faktor Memilih Gas Meter Apartemen 

Ada beberapa faktor memilih gas meter yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan saat akan memilih alat ini, diantaranya: 

  1. Jarak antara pusat-pusat dari keluaran pengontrol. 
  2. Ukuran diameter ulir yang tersedia di meteran gas. 
  3. Ada berapa jumlah orang yang tinggal di dalam apartemen. 
  4. Mengecek suhu disekitar tempat yang akan dipasangi meteran. Jika alat ini direncanakan untuk digunakan di luar ruangan, sebaiknya untuk membeli perangkat dengan kompensator suhu yang bisa digunakan dalam cuaca beku. 

Demikianlah informasi seputar produk dan fungsi gas meter apartemen yang wajib Anda tahu. Jika Anda saat ini sedang mencari produk tersebut bisa mengunjungi https://www.tokicosys.com/en/ untuk terus mendapatkan informasi terbaru dan terbaik. Sedangkan untuk pembeliannya bisa percayakan kepada distributor gas meter PT Badja Abadi Sentosa. PT Badja Abadi Sentosa menjadi distributor tunggal dan resmi dalam penjualan produk lc meter di Indonesia, selain kami semua produk baru yang dijual dari toko lain juga belinya dari kami.

 

 

 
 

Related News

Perbedaan KWh Meter dan KWh Digital-Listrik Pintar
PT BAS

Perbedaan KWh Meter dan KWh Digital-Listrik Pintar

Sat, 08 July 2023
Ultrasonic Flow Meter, Prinsip Kerja, Jenis, dan Kelebihannya
PT BAS

Ultrasonic Flow Meter, Prinsip Kerja, Jenis, dan Kelebihannya

Sun, 12 November 2023
Apa Itu Ultrasonik Flow Meter ?
PT BAS

Apa Itu Ultrasonik Flow Meter ?

Mon, 13 November 2023