Jenis Meteran Gas PGN, Cara Mencatat serta Pelaporannya

Jenis Meteran Gas PGN, Cara Mencatat serta Pelaporannya

 

Meteran gas PGN merupakan pengukur aliran khusus yang berfungsi untuk mengukur volume bahan bakar gas seperti gas alam dan propana. Volume gas memang sulit untuk diukur sebab sangat dipengaruhi oleh tekanan dan suhu. Gas meter banyak digunakan untuk layanan gas komersial dan domestik untuk mengukur jumlah gas yang dikirim ke pengguna.

Meter gas digunakan untuk perumahan, industri bangunan, maupun komersial yang menggunakan bahan bakar gas. Pengukur gas kecepatan juga mencakup pengukur jenis anemometer. Pada jenis ini cangkir atau baling-baling yang berputar akan memberi daya pada generator kecil dan menggerakan serangkaian register perekam.

Pengukur gas tipe kepala akan mengukur jumlah gas dalam satuan waktu. Pengukurannya juga didasarkan pada penurunan tekanan yang disengaja dibuat antara dua titik terdekat dalam tabung meteran. Perbedaan tekanan ini bisa diubah menjadi laju aliran.

Jenis Meteran Gas PGN

 

 

Dalam meteran thermal gas meter pemanas ditempatkan di aliran gas dan termometer terpasang di sisi hulu dan hilirnya. Aliran gas akan diukur dengan kenaikan suhu aliran gas atau jumlah energi listrik yang dibutuhkan untuk menjaga pemanas tetap pada suhu konstan.

 

Lihat Produk Kami : Residential Diaphragm Gas Meter

 

Pengukur gas akustik menghitung laju aliran gas dengan cara membuat perbandingan pergeseran frekuensi dari dua sinyal. Kemudian pengukur gas tipe pelacak menghitung laju aliran dengan cara mengatur waktu lewatnya material radioaktif dari dua detektor tetap.

Laju aliran volumetrik gas diukur menggunakan berbagai meteran gas PGN yang dirancang untuk mendeteksi berbagai aliran dan jenis gas. Terdapat beberapa jenis utama meteran gas PGN. Berikut adalah beberapa diantaranya;

Diaphragm Gas Meter

Pengukur gas ini memiliki empat ruang pengukuran yang terhubung bersama untuk membentuk unit yang dipisahkan oleh diafragma dan juga dinding yang bisa dideformasi. Diafragma ini akan terhubung melalui piston yang berputar. Jumlah gas yang melewati diafragma meter bisa langsung diukur jika volume masing-masing ruang juga sudah diketahui.

Turbine Meters

Selain diaphragm gas meter ada pula turbine meters. Meter turbin memiliki beberapa komponen seperti roda gigi, roda turbin, unit rumah tertutup dan bagian ekstrusi. Saat gas mengalir maka roda turbin mulai berputar sebanding dengan kecepatan aliran gas. Oleh sebab ini volume gas bisa dihitung dengan putaran roda turbin.

Rotary Displacement Meters

Setelah diaphragm gas meter dan turbine meters selanjutnya ada rotary displacement meters. Pada jenis gas meter ini, dua impeler yang ditempatkan berhadapan berputar dalam unit rumah membentuk meter perpindahan putar.

 

Lihat Produk Kami : TBQM Turbine Flow Meter

 

Posisi impeler juga diposisikan sedemikian rupa sehingga penampangnya bisa tegak lurus dengan sumbu putar. Kemudian celah antara impeler dengan rumah juga sangatlah kecil. Jumlah gas juga bisa diukur langsung jika volume masing-masing ruang telah diketahui.

Cara Catat Meter Mandiri PGN dan Pelaporannya

Untuk kemudahan pelanggan dan mengoptimalkan tagihan pemakaian gas, PGN membuat pelanggan bisa mencatat pemakaian gas sendiri. Dengan begitu maka pelanggan tidak perlu khawatir jika tagihan gas akan membengkak saat petugas pencatat tidak bisa datang.

Untuk melakukan pencatatan pemakaian gas secara mandiri juga sangat mudah dan simpel. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan oleh pelanggan. Keduanya yaitu:

Melalui WhatsApp

Cara catat meter mandiri PGN pertama yaitu pelanggan bisa melaporkan pemakaian gasnya melalui aplikasi WhatsApp. Caranya yaitu pelanggan tinggal mengambil foto yang tertera di stand meter di masing-masing rumah pelanggan. Selanjutnya pelanggan hanya perlu mengirimkan foto tersebut ke nomor WhatsApp 083820341177.

Dalam pengiriman gambar tersebut pelanggan juga harus menambahkan keterangan foto yaitu Nomor Pelanggan#Angka Meter. Namun ingat bahwa angka stand meter PGN yang tertera dalam keterangan foto cukup yang berwarna hitam saja.

Menggunakan Aplikasi Catat Meter Mandiri

PGN mengenalkan aplikasi PGN Mobile Catat Meter Mandiri PGN yang bisa digunakan oleh pelanggan. Aplikasi pelaporan angka stand meter PGN ini sudah bisa diunduh melalui App Store maupun Google Play Store dengan mudah dan gratis.

Dengan aplikasi ini maka pelanggan bisa melaporkan angka terkini stand meter gas pada PGN sehingga pencatatan meter dan tagihan pemakaian bisa lebih akurat. Meskipun pencatatannya tidak dilakukan secara langsung di lapangan oleh petugas PGN.

Cara catat meter mandiri PGN dan pelaporannya juga terbilang sangat mudah dan simpel. Pertama Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Catat Meter Mandiri PGN. Setelah aplikasi terunduh maka Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu.

Namun jika sebelumnya Anda sudah pernah mendaftar maka Anda tinggal masuk pada akun yang sudah terdaftar tersebut. Jika Anda sudah berhasil terdaftar dan masuk ke aplikasi maka pilih menu "Pencatatan Langsung" yang memiliki gambar pensil di sebelah kanan bawah.

Selanjutnya foto stand meter dan upload dalam aplikasi ini. Pastikan fotonya terlihat jelas apalagi pada bagian angka stand meter PGN. Dengan begitu maka pencatatan tagihan gas meter pun sudah selesai.

Pelanggan Tidak Melaporkan Pemakaian Gas

Jika sekiranya pelanggan tidak menggunakan dua cara tersebut untuk melaporkan pemakaian gasnya, maka PGN akan tetap menerbitkan retur kepada pengguna di tiap bulannya. Namun tentunya PGN tidak akan sembarangan dalam menentukan tagihan, melainkan menggunakan mekanisme tertentu.

Mekanisme tersebut yaitu dengan menggunakan perhitungan pemakaian angka stand meter PGN pelanggan selama tiga bulan terakhir. Misalnya seorang pelanggan menggunakan 9 meter kubik gas PGN pada bulan Januari. Kemudian pada bulan selanjutnya yaitu Februari pelanggan menggunakan 10 meter kubik.

Lalu pada bulan Maret pelanggan menggunakan 11 meter kubik gas PGN. Jika bulan April pelanggan tidak melakukan pelaporan maka PGN akan mengambil rata-rata penggunaan gas pada 3 bulan sebelumnya, yaitu Januari, Februari, dan Maret.

 

Baca Juga : Jual Regulator Gas Terlengkap Tahun 2022, Dijamin Berkualitas!

 

Artinya dalam contoh ini PG akan mengestimasi pemakaian angka stand meter PGN pelanggan pada bulan April sebesar 10 meter kubik. Namun bagaimana jika ternyata penggunaan gas pelanggan tidak sebesar itu? Jika memang terjadi, maka pelanggan tidak perlu khawatir sebab PGN akan melakukan penyesuaian tagihan.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai meteran gas PGN yang perlu Anda ketahui. Nah, jika Anda sedang mencari gas meter yang pastinya berkualitas terbaik maka Anda bisa mendapatkannya melalui PT. Badja Abadi Sentosa. Perusahaan ini merupakan distributor tunggal dan juga sudah resmi di Indonesia. Setiap produk yang tersedia pastinya juga berkualitas terbaik sehingga Anda tidak perlu meragukannya lagi.

 

 

 
 

Related News

KWH Meter-Pengertian, Jenis dan Perbedaannya
PT BAS

KWH Meter-Pengertian, Jenis dan Perbedaannya

Sat, 08 July 2023
Fungsi KWH Meter dan Prinsip Kerjanya
PT BAS

Fungsi KWH Meter dan Prinsip Kerjanya

Sat, 08 July 2023
Pengertian dan Fungsi Electromagnetic Flow Meter
PT BAS

Pengertian dan Fungsi Electromagnetic Flow Meter

Sun, 12 November 2023