Fungsi Meteran Gas PGN yang Perlu Diketahui!

Fungsi Meteran Gas PGN yang Perlu Diketahui!

 

Perusahaan Gas Negara atau PGN terus berkembang dan menumbuhkan berbagai infrastruktur yang dapat menunjang kebutuhan energi di berbagai sektor seperti meteran gas PGN

Seperti yang ada di Area Sidoarjo dan Mojokerto, PGN telah merambah berbagai sektor mulai industri sampai masuk ke dapur-dapur pelanggan rumah tangga dan pelanggan kecil. 

Sampai saat ini tercatat sebanyak 6631 pelanggan rumah tangga dan pelanggan kecil yang telah merasakan kebaikan energi baik PGN.

4 Fungsi Meteran Gas PGN

 

 

PT. Perusahaan Gas Negara Tbk merupakan dealer bagian dari Pertamina Grup yang diberikan kepercayaan untuk mengembangkan infrastruktur gas bumi serta untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi.

Pada saat ini, tren penggunaan PGN atau gas alam milik Perusahaan Gas Negara kian diminati untuk kebutuhan rumah tangga. Selain karena pemakaiannya yang lebih irit, banyak masyarakat yang mengatakan gas ini aman untuk digunakan.

Produk yang ditawarkan PGN adalah gas bumi atau dikenal juga dengan istilah gas rawa. Berbeda dengan gas elpiji, gas alam ini terbentuk dari bahan bakar fosil yang berasal dari gas methane (C1) dan gas ethane (C2).

Penggunaan meteran gas memiliki fungsi dan kelebihan tersendiri, antara lain :

1. Menggunakan Saluran Jaringan Gas Bumi

Berbeda dengan smart gas untuk industri, meteran gas yang berasal dari PGN ini memiliki jalur saluran tersendiri berupa sistem jaringan gas bumi yang bersifat tertanam. Jaringan ini berada di bawah tanah agar tidak mengganggu aktivitas keseharian.

 

Lihat Produk Kami : Gas Meter

 

Kemudian, gas akan dialirkan langsung melalui kompresor yang terhubung pada sisi kompor gas supaya dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

2. Resiko yang Sangat Rendah

Meskipun sama-sama berbentuk gas dengan gas elpiji, akan tetapi gas PGN memiliki resiko kebakaran yang lebih rendah. 

 

Lihat Produk Kami : 2UG-G6

 

Hal ini dikarenakan rangkaian gas yang telah dirancang dalam satu sistem tersebut tidak terpisah. 

Selain itu, massa gas PGN juga lebih ringan dibandingkan dengan gas elpiji. Sehingga apabila terjadi kebocoran, maka tidak akan menimbulkan ledakan karena tekanannya tidak sebesar gas elpiji.

Sebagai catatan, ledakan akibat kebocoran gas sebenarnya terjadi dipengaruhi oleh pengendapan gas di lantai. 

Faktanya, gas tidak akan terbawa dan terpecah oleh udara, sehingga rawan bersentuhan dengan pemicu api.

3. Nyaman dan Mudah Ketika Digunakan

Jika Anda menggunakan meteran gas, Anda tidak perlu repot mengganti tabung gas lagi. Sistem yang digunakan mirip seperti ketika Anda menggunakan jaringan PLN maupun PDAM.

Api yang dihasilkan juga lebih kencang dan panas sehingga kegiatan memasak akan lebih efektif dan nyaman. 

Gas bumi sebagai bahan bakar bagi rumah tangga memiliki sifat yang ramah lingkungan dengan mengurangi emisi karbondioksida dari hasil pembakaran. 

Selain itu, meteran gas ini memiliki saluran tersendiri berupa sistem jaringan bumi yang sifatnya tertanam. Sehingga, jaringannya tidak akan mengganggu keseharian masyarakat.

4. Biaya Berlangganan yang Lebih Hemat

Saat ini, untuk daerah DKI Jakarta saja, biaya berlangganan dipatok mulai dari Rp4.250 untuk rumah sederhana dan Rp6.000 untuk rumah mewah per meter kubik.

Misalnya, Anda membutuhkan sekitar 40 meter kubik gas per bulan atau 12 kg gas. Dengan menggunakan patokan biaya tersebut, maka Anda hanya perlu membayar sekitar Rp150.000 per bulan untuk kebutuhan gas.

Melalui kelebihan yang dimiliki meteran gas ini, Anda dapat menggunakannya bahkan untuk di rumah. Lalu, bagaimana cara memasang meteran gas ini?

Cara Pemasangan Meteran Gas PGN

Buat Anda yang tertarik menggunakan gas PGN di rumah, berikut langkah yang bisa Anda ikuti, mengutip dalam situs resmi PGN:

1. Mengisi Formulir Registrasi

Anda bisa mendapatkan formulir melalui berbagai cara, yaitu dengan menghubungi petugas PGN, contact center di 1-500 645 atau mengunjungi situs resmi PGN.

2. Survey Lokasi

Apabila Anda telah lolos dalam verifikasi data administrasi, selanjutnya pihak PGN akan melakukan survey lokasi ke rumah calon pelanggan dan kemudian mendiskusikan kebutuhan penggunaan gas.

3. Penyiapan Administrasi

Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah calon pelanggan harus melengkapi kewajiban administrasi seperti biaya jaminan pembayaran dan biaya pemasangan pipa instalasi serta meteran gas.

4. Penyiapan Infrastruktur Gas

Setelah proses administrasi terlengkapi, pihak PGN akan mulai mempersiapkan rancangan infrastruktur meteran gas dan pipa instalasi.

5. Pelaksanaan “Gas In”

Setelah instalasi pipa dan meteran gas terpasang, pihak PGN akan mulai melakukan pengaliran gas (gas in) untuk pertama kalinya ke pelanggan.

Melalui cara pemasangan meteran gas ini, Anda tidak akan merasakan kesulitan lagi. Sehingga Anda dapat memasang gas ini di rumah.

Pencatatan Meter Gas Pelanggan

Dalam rangka meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan, beragam cara dilakukan oleh PGN supaya setiap pelanggan dapat merasakan kenyamanan dalam menggunakan gas bumi PGN.

Melalui GasKita, yang mana merupakan produk gas bumi PGN bagu pelanggan rumah tangga dan pelanggan kecil yang dialirkan melalui saluran jaringan pipa gas, PGN terus berupaya agar setiap dapur rumah tangga dapat merasakan manfaat gas bumi. 

PGN melalui anak usahanya, PT. PGAS Solution turut serta berkomitmen dalam menjaga kelayakan dalam penyaluran energi baik. Salah satu upaya dari PT. PGAS Solution dalam penyediaan layanan terhadap pelanggan yaitu dengan dilakukannya pencatatan meter gas yang dilakukan setiap bulannya.

Kegiatan pencatatan meteran gas rumah tangga yang dilakukan personil PGAS Solution, dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan setiap bulannya agar tidak terjadi lonjakan pemakaian yang drastis dari tiap pelanggan. 

Namun demikian, dengan meningkatnya kasus Covid-19 belakangan ini ada beberapa kegiatan penyesuaian dan kebijakan yang dikeluarkan PGN dalam rangka menjaga tingkatan mutu serta kualitas layanan pelanggan selama masa status darurat Covid-19. 

PGN meniadakan pelaksanaan pencatatan angka stand meter oleh para petugas yang berlangsung selama periode April-Mei 2020. 

Dengan tidak adanya pencatatan meteran gas secara manual, PGN memutuskan untuk melakukan program catat meter mandiri. 

Caranya, Anda dapat mengirimkan foto ke nomor WhatsApp yang telah ditentukan atau mengunduh aplikasi “Catat Meter Mandiri” di PlayStore. 

 

Baca Juga : Kenali Jenis Meteran Gas dan Tempat Terbaik untuk Membelinya

 

Informasi lebih lengkap tentang meteran gas PGN, Anda dapat langsung mengunjungi website Distributor Gas Meter PT. Badja Abadi Sentosa atau menghubungi nomor kontak yang tertera di website.

 



 

 

 

 

 
 

Related News

Cari Tahu Apa itu Din Rail KWH Meter dan Fungsinya
PT BAS

Cari Tahu Apa itu Din Rail KWH Meter dan Fungsinya

Mon, 24 June 2024
Mengenal Non Fluctuation Flow Meter dan Kelebihannya
PT BAS

Mengenal Non Fluctuation Flow Meter dan Kelebihannya

Wed, 14 December 2022
Tipe-tipe Regulator Gas dan Cara Memilih yang Tepat
PT BAS

Tipe-tipe Regulator Gas dan Cara Memilih yang Tepat

Sat, 17 June 2023