Mau Tahu Cara Kerja Meteran Air Digital?

Mau Tahu Cara Kerja Meteran Air Digital?

 

Untuk mengukur aliran air, flow meter air digital sudah banyak dipakai, terutama di industri skala besar. Baik untuk pipa yang sistemnya tertutup, maupun terbuka, seperti parit atau sungai. Maksud dari pengukuran aliran di sini yaitu cairan yang pada dasarnya berupa air.

Jadi, jenis cairan yang kandungan komposisi paling banyaknya adalah air, baik itu bahan kimia maupun lumpur. Baik yang memiliki nilai konduktivitas besar maupun sangat kecil di bawah 20 micro siemens atau tidak.

Bagaimana cara kerjanya? Apakah rumit atau sederhana? Simak pada pembahasan berikut untuk mengetahuinya. Selain cara kerja dan manfaat mengetahuinya, beberapa jenis serta tips memilih juga akan diuraikan.

 

Cara Kerja Meteran Air Digital yang Penting Dipahami

 

Memahami cara kerja flow meter air PDAM digital penting dilakukan. Apalagi jika di rumah Anda memakai saluran PDAM, pasti alat pengukur volume ini terpasang. Cara kerja vergi digital ini, memperbaharui tipe mekanik lama menjadi lebih canggih dan fungsional.

Tujuan pembaruan ini untuk mengembangkan dan meningkatkan performa versi sebelumnya. Anda bisa menghubungkannya dengan kabel pulsa ketika menggunakan jenis digital. Sekarang ini sudah semakin banyak produk meteran dengan beragam spesifikasi dan versi.

Versi elektromekanik masih dikembangkan oleh banyak perusahaan. Versi ini memakai mekanik serta register elektronik atau digital. Sedangkan produk meteran yang banyak dipakai yaitu elektromagnetik.

Pasalnya, untuk jenis flow meter air digital satu ini harganya tidak terlalu mahal dan tingkat akurasi yang dimiliki cukup tinggi. Sebenarnya, mayoritas produk meteran bisa dipakai untuk objek berbahan dasar air.

Namun, untuk jenis yang dipilih harus tetap menyesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi. Pertimbangkan berbagai aspek sebelum memilih, seperti tingkat akurasi, harga serta biaya perawatan.

Akan berbeda tentu saja kebutuhan antara PDAM dengan hasil limbah, lumpur, food and beverages, air panas maupun bersih. Cara kerja masing-masing jenis cairan ini akan berbeda satu sama lainnya.

Mengenai cara membacanya, bukanlah hal sulit. Anda hanya perlu mengamati dua angka yang tertera pada layar flow meter air digital. Jumlah volume ditunjukkan dengan angka besar pada bagian atas. Satuannya liter per kubik.

Sedangkan kecepatan aliran atau flow rate ditunjukkan oleh angka kecil pada bagian bawah. Melalui tampilan digital, Anda tidak perlu mengira-ngira berapa nilai tepatnya karena sudah tertera.

 

Manfaat Mengetahui Prinsip Kerja Flow Meter Air Digital

 

Sebagai upaya pengontrolan pemakaian air, flow meter digital ini dibutuhkan. Terlepas dari alatnya, Anda sebagai pengguna juga bisa mendapatkan manfaat bila mengetahui prinsip kerjanya, antara lain:

 

Menghemat Air

 

Anda bisa melakukan upaya penghematan air saat menggunakan alat ini, terutama bila jenis yang dipakai smart flow meter. Biasanya pemborosan terjadi saat bagian pipa mengalami kebocoran.

Saat menggunakan flow meter air digital, risiko tersebut bisa diminimalisir. Jadi, air menjadi lebih hemat dalam pemakaiannya. Memakai versi digital, Anda bisa melakukan pengontrolan tanpa terikat oleh batasan.

Berbeda dengan jenis mekanik, secara umum hanya merekam informasi pemakaian volume, selama belum ada tarif tagihan. Anda bisa mengamati secara langsung jumlah kenaikan pemakaian air setiap waktunya. 

Bila ternyata kenaikan angka karena adanya kebocoran pipa, Anda bisa segera mengatasinya. Secara mandiri atau dengan memanggil jasa yang ahli di bidangnya, sehingga kebocoran terlalu besar bisa dihindari.

 

Terhindar dari Produk Tidak Berkualitas

 

Manfaat mengetahui prinsip kerja flow meter air digital berikutnya yaitu terhindari dari produk tidak berkualitas. Pasalnya, semakin banyak meteran digital yang beredar, semakin banyak pula produk abal-abal.

Inilah yang membuat Anda sebagai pembeli atau pengguna harus lebih berhati-hati. Jangan sampai sudah membeli dengan harga mahal, karena kurang cermat akhirnya mendapatkan produk berkualitas buruk bahkan palsu.

Belilah pada penyedia yang terpercaya dan sudah berpengalaman di bidangnya. Bukan hanya mendapatkan produk berkualitas, Anda akan lebih mudah menanyakan terkait yang dibeli bila penyedianya sudah ahli.

 

Lebih Akurat

 

Hasil data flow meter air digital lebih akurat dibandingkan jenis mekanik. Jadi, Anda hanya akan ditagih tarif pembayaran sesuai dengan penggunaan volume pada setiap bulannya. Metode seperti ini bila diterapkan akan mengurangi kesalahan yang terjadi.

 

Pengeluaran Lebih Hemat

 

Manfaat terakhir yaitu membuat pengeluaran menjadi lebih hemat. Sebab, Anda bisa memperkirakan penggunaan air supaya tidak terlalu boros melalui nilai tertera. Berbeda bila tanpa adanya petunjuk pemakaian, akan sulit untuk memperkirakan.

 

Inilah Berbagai Jenis Flow Meter Air Digital

 

Sebelum memilih produk yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda, kenali berbagai jenisnya terlebih dahulu. Setiap jenis ini mempunyai keunggulannya tersendiri. Beberapa jenisnya antara lain:

 

 

1. Ultrasonic

Flow meter air digital pertama yaitu ultrasonic atau velocity flow. Fungsinya untuk mengukur kecepatan aliran pada saluran pipa terbuka serta menghitung jumlah volume yang lewat.

Keunggulan dari ultrasonic ini yaitu terdapatnya sensor pada bagian bawah pipa. Sensor ini akan mengeluarkan ultrasonic yang berjalan lewat aliran, lalu muncul pada permukaan cairan.

 

Lihat Produk Kami : Ultrasonic Flow Meter

 

Sinyal doppler ultrasonic akan mengukur kecepatan alirannya. Persentase tingkat akurasinya bernilai  sekitar 0,25 persen. Hasil pengukuran ditunjukkan dalam bentuk digital.

 

 

2. Elektromagnetik

Selanjutnya adalah jenis elektromagnetik yang termasuk meteran non-mekanik. Dulunya, saat pertama kali dibuat jenis ini memerlukan tenaga besar untuk dapat bekerja. Jadi, harus memakai tenaga pembangkit listrik supaya mampu beroperasi.

 

Lihat Produk Kami : Elektromagnetic Flow Meter

 

Namun, seiring berjalannya waktu, flow meter air digital ini berubah memakai baterai khusus berjenis kecil. Untuk persentase tingkat akurasi elektromagnetik, sama seperti ultrasonic yaitu sekitar 0,25 persen, selain flow meter air kami juga menyediakan flow meter magnetic.

 

3. Fluidic Osilasi atau Smart Meter

Jenis terakhir yaitu fluidic osilasi atau smart meter. Hasil pengukuran meteran ini lebih valid dan tidak akan terkena dampak dari berbagai partikel, seperti pasir, bila tidak ada komponen yang bergerak.

Inilah yang membuatnya lebih disarankan penggunaannya daripada jenis mekanik. Hanya dengan mengganti baterai, Anda dapat menambah usia pakai alat ini. Jadi, tidak perlu terlalu intens membeli alatnya, cukup mengganti komponen dayanya.

Anda bisa membacanya secara langsung atau dalam format AMR (Automatic Meter Reading) berteknologi radio frekuensi. Jadi, ada fitur pembacaan yang dilakukan secara otomatis.

Bukan hanya keunggulan tersebut saja, flow meter air digital jenis ini juga bisa terhubung dengan aplikasi khusus sesuai dengan pulsa atau sistem kode. Bila ada kerusakan, meteran ini akan segera mendeteksi.

 

Beragam Tips Saat Memilih Meteran Air Digital yang Bisa Dilakukan

 

Ada berbagai tips yang bisa Anda lakukan saat memilih meteran cairan digital. Tujuannya tidak lain untuk memperoleh produk sesuai keinginan dan kebutuhan, beberapa di antaranya:

 

  1. Meteran pada bagian kedap terhadap air dilengkapi dengan anti magnet.
  2. Standar simulasi, Q3 serta Q4 terpenuhi.
  3. Material pembuatannya tahan lama, anti karat, awet, tidak menimbulkan racun serta tidak terpengaruh oleh suhu atau temperatur cairan.
  4. Supaya lebih mudah saat kegiatan bongkar pasang, perancangan konstruksi dibuat sedemikian rupa.
  5. Pada bagian alat petunjuknya dilengkapi pengaman, mempunyai pelindung, terbuat dari bahan kaca serta tembus pandang. 

 

Baca Juga : PT Badja Abadi Sentosa Digital Flow Meter Terlengkap di Indonesia


Apakah Anda sedang bingung mencari penyedia meteran air digital yang memberikan harga terjangkau tapi berkualitas? Pesan saja di Badja Abadi Sentosa. Anda bisa konsultasi terlebih dahulu mengenai produk flow meter air digital sebelum membeli.

 
 

Related News

Macam-Macam Alat Instrumentasi yang Dibutuhkan oleh Berbagai Industri
PT BAS

Macam-Macam Alat Instrumentasi yang Dibutuhkan oleh Berbagai Industri

Wed, 14 December 2022
Contoh Alat Instrumentasi Industri yang Banyak Digunakan dan Kegunaannya
PT BAS

Contoh Alat Instrumentasi Industri yang Banyak Digunakan dan Kegunaannya

Wed, 14 December 2022
Mengenal Non Fluctuation Flow Meter dan Kelebihannya
PT BAS

Mengenal Non Fluctuation Flow Meter dan Kelebihannya

Wed, 14 December 2022