Macam-Macam Alat Instrumentasi yang Dibutuhkan oleh Berbagai Industri

Macam-Macam Alat Instrumentasi yang Dibutuhkan oleh Berbagai Industri

 

Kami akan mengajak Anda untuk mengenal macam-macam alat instrumentasi, digunakan oleh banyak perusahaan oleh masing-masing industrinya. Ketersediaan peralatan dalam proses produksi, tentu menjadi kebutuhan utama bagi perusahaan wajib terpenuhi.

Instrumentasi merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengendalikan sistem yang besar juga kompleks, tanpa adanya perangkat tersebut, maka akan sulit bagi manusia dalam mengukur, mengendalikan, merekam juga menganalisa pekerjaannya.

Dengan mengetahui macam-macam alat instrumentasi, maka akan lebih mudah bagi pihak perusahaan dalam memilih perangkat, sesuai dengan kebutuhan pada industri yang dijalankan. Kebutuhan peralatan instrumentasi pada umumnya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Maka dari itu ketahui dengan baik apa saja jenis peralatan instrumentasi, dan kami juga akan memberikan informasi penting mengenai rekomendasi distributor yang mampu memenuhi kebutuhan perusahaan anda, akan peralatan instrumentasi dengan kualitas terbaik dan beragam.

 

 

Mengapa Peralatan Instrumentasi Industri Dibutuhkan oleh Banyak Industri

 

Mungkin bagi Anda yang belum mengetahui fungsi sebenarnya dari peralatan instrumentasi, akan bertanya-tanya mengapa perangkat ini sangat dibutuhkan di banyak industri perusahaan. Maka dari itu kami akan menjelaskannya secara singkat, agar Anda mengetahui manfaatnya.

 

1. Setiap Sektor Industri Membutuhkan Peralatan Instrumentasi

Mulai dari industri otomotif, farmasi, minyak dan gas hingga manufaktur, pasti membutuhkan berbagai peralatan instrumentasi, maka dari itu Anda wajib mengetahui macam-macam alat instrumentasi beserta kegunaannya.

Seperti halnya pada industri minyak dan gas, dimana kegiatan utama dalam perusahaan adalah pengeboran minyak. Dalam pekerjaannya, dibutuhkan sistem kendali yang tidak hanya menjaga alur dari awal sampai akhir berjalan dengan baik, namun juga memantau sistem elektronik.

2. Integrasi Mempermudah Sistem Produksi

Lajur produksi dapat berjalan dengan lancar, apabila sistem dapat terhubung antara satu dengan lainnya. Jika salah satu proses diabaikan atau tidak berurutan, maka berakibat fatal pada proses produksi, maka dari itu dibutuhkan perangkat instrumentasi.

Sehingga setiap proses dapat berjalan sesuai alur, juga terdapat sensor dapat mendeteksi sinyal, untuk mengukur, menganalisa, juga mengelompokkan komponen agar sesuai dengan output yang dibutuhkan.

3. Membutuhkan Informasi Terintegrasi

Selain mengenal macam-macam alat instrumentasi, Anda juga perlu mengetahui manfaat dari perangkat itu sendiri, seperti halnya informasi terintegrasi yang didapat dari perangkat tersebut. Kumpulan informasi yang dipadukan menjadi satu, akan membuat informasi baru terintegrasi. 

Seperti halnya jika Anda ingin menghasilkan suatu produk dengan banyak keunggulan, tentu produk tersebut harus tergabung dari beberapa material menjadi satu. 

Dalam proses produksi, dibutuhkan pula sistem integrasi agar bisa menghasilkan produk dalam jumlah besar, dan bisa didapatkan dari perangkat instrumentasi.

 

Macam-Macam Alat Instrumentasi yang Dibutuhkan Pemadam Kebakaran 

 

Salah satu industri yang membutuhkan peralatan ini adalah pemadam kebakaran, dimana alat ini pasti dibutuhkan dalam mendukung fasilitas industri. Berikut kami akan menjelaskan jenis peralatan yang dibutuhkan, beserta masing-masing kegunaannya.

1. Hose Reel

Macam-macam alat instrumentasi akan kami jelaskan pertama adalah Hose Reel, dalam bahasa Indonesia alat ini lebih dikenal sebagai gulungan selang. Peralatan ini tentu saja akan dibutuhkan saat pemadam kebakaran melakukan pekerjaannya.

Terbuat dari material nitrile, terdapat pegas pawl stainless steel anti korosi, serta rangka baja yang diperkuat memberikan kekuatan dan stabilitas maksimum. Dilengkapi dengan rol anti cubit stainless steel, yang menyesuaikan dengan posisi dinding, lantai dan overhead.

2. Valve

Perangkat selanjutnya adalah valve atau katup, terdapat berbagai jenis katup seperti gate valve rising, swing check valve, butterfly valve, ball valve, pressure reducing valve dan masih banyak lagi, perangkat ini tidak hanya dapat mengalirkan air namun juga mengalirkan bahan bakar.

Biasanya material digunakan pada valve adalah cast iron, jenis ini mampu dilalui oleh berbagai cairan, seperti lumpur, cairan dan gas dengan berbagai tingkat tekanan maupun suhu. Valve memiliki berbagai ukuran, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

3. Water Meter

Macam-macam alat instrumentasi yang dibutuhkan oleh pemadam kebakaran adalah water meter atau meteran air, tentu saja berguna agar Anda bisa mengetahui volume air. Terdapat beberapa jenis water meter, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Mulai dari agriculture water meter, electromagnetic flow meter, class c piston water meter, mini electromagnetic flow meter, horizontal water meter dan masih banyak lagi. Setiap jenis water meter memiliki ukuran, tekanan serta bahan berbeda-beda, sehingga pilih dengan cermat.

 

Berbagai Jenis Replacement Filter yang Tersedia

 

Elemen filter baik digunakan untuk menyaring air atau cairan lainnya, tentu dibutuhkan oleh beberapa sektor industri. Biasanya air dan jenis cairan lainnya, akan dipisahkan dari material padat seperti kotoran, debu maupun karat.

1. 30002 Centurion Element

Macam-macam alat instrumentasi yang akan kami bahas adalah jenis replacement filter, yaitu 30002 Centurion Element yang memiliki spesifikasi dengan Tekanan 50 Psi/3.4 Bar, Micron 10, Laju Aliran hingga 30 GPM, dan Media Selulosa.

Elemen filter ini dapat digunakan untuk menghilangkan particular seperti debu, kotoran dan karat. Penggunaan 30002 centurion element dapat memisahkan air dari cairan seperti bensin, solar, biodiesel hingga B20, ULSD, etanol yang tercampur hingga 15% serta cairan industri.

2. 30008 Viking Element

Jenis replacement filter berikutnya adalah 30008 Viking Element, dimana perangkat ini memiliki Tekanan sebesar 150 Psi, Laju Aliran hingga 120 GPM, Micron 10 dan Media Selulosa. 

Memiliki fungsi yang sama dengan jenis sebelumnya, dan dapat memisahkan antara cairan air dengan cairan industri seperti minyak hidrolik, minyak sintetis, minyak pelumas atau jenis pelarut lainnya.  

3. 40001 Housing Centurion

Macam-macam alat instrumentasi dari replacement filter adalah 40001 Housing Centurion, dimana perangkat ini digunakan sebagai saluran pembuangan untuk memudahkan pekerjaan manusia, juga untuk memisahkan cairan air dengan jenis cairan lainnya.

40001 housing centurion memiliki Tekanan sebesar 50 Psi/3.4 Bar, dan Laju Aliran hingga 30 GPM serta Media Selulosa. Housing centurion juga memiliki jenis lainnya, seperti 40013 dan 40020.

 

Mengenal Berbagai Jenis Strainer yang Tersedia 

 

Sebenarnya strainer memiliki fungsi yang hampir sama dengan filter, hanya saja fungsi utama dari strainer adalah memisahkan kotoran dari aliran air, sehingga setiap air yang mengalir melalui strainer akan langsung tersaring secara otomatis, dan air menjadi lebih bersih.

 

1. Fuel Strainer

Macam-macam alat instrumentasi yang akan kami bahas adalah Fuel Strainer, atau saringan bahan bakar bernama U Strainer. Perangkat ini dapat digunakan untuk cairan bensin, minyak, air juga cairan non korosif lainnya.

Pada fuel strainer terdapat layar saringan 60 mesh, dan lembaran berlubang terbuat dari stainless steel. Berikut spesifikasi pada perangkat ini adalah, memiliki Tekanan 10Kg/Cm2, Koneksi JIS 10K dan terbuat dari bahan cast iron.

2. Water Strainer

Macam-macam alat instrumentasi berikutnya adalah Water Strainer atau saringan air, bernama Y Strainer yang hanya bisa digunakan untuk cairan air saja. Di dalam strainer ini terdapat lubang-lubang yang besar pada lembaran saringan, dengan koneksi PN16 dan terbuat dari cast iron.

Kami sarankan bagi anda, untuk menggunakan produk dari Badja Abadi Sentosa. Perusahaan kami telah berdiri sejak tahun 89, dan selalu optimis dalam memberikan produk terbaik bagi para konsumen, sehingga sudah banyak perusahaan yang memberi kepercayaannya kepada kami.

Dalam menjalankan sebuah perusahaan, tentu saja kita perlu mengetahui apa saja peralatan juga kebutuhan lainnya yang dapat mendukung berjalannya perusahaan tersebut. 

Seperti halnya dengan mengetahui macam-macam alat instrumentasi, dengan mengetahui informasi ini, maka akan lebih mudah bagi Anda dalam menemukan distributor peralatan terbaik dan berkualitas.

 
 

Related News

5 Tips Dapatkan Harga Flow Meter Fast-Flo Lebih Murah
PT BAS

5 Tips Dapatkan Harga Flow Meter Fast-Flo Lebih Murah

Sat, 18 November 2023
Ultrasonic Flow Meter dengan Tinjauan Penggunaan Dalam Beberapa Aspek
PT BAS

Ultrasonic Flow Meter dengan Tinjauan Penggunaan Dalam Beberapa Aspek

Wed, 14 December 2022
Turbine Flow Meter Working Principle
PT BAS

Turbine Flow Meter Working Principle

Wed, 14 December 2022