Tipe-tipe Regulator Gas dan Cara Memilih yang Tepat

Tipe-tipe Regulator Gas dan Cara Memilih yang Tepat

 

Secara umum, regulator gas merupakan katup yang secara otomatis memutus serta mengalirkan gas sesuai dengan kebutuhan. Pada tipe tertentu, fungsinya hanya menghentikan suplai energi ketika jumlahnya dianggap mencapai nilai tertentu. Manajemen pengaturan energi untuk penggunaan skala industri sangat penting, karena tekanan statis yang digunakan untuk menyimpan energi dalam silinder sangat besar. Tidak hanya memudahkan pekerjaan insinyur, tapi juga menjaga keselamatannya.

 

Tipe Regulator Gas untuk Penggunaan Secara Umum

 

Oleh sebab itu, industri yang bergerak di sektor migas maupun pengguna energi tersebut sangat membutuhkan regulator berteknologi khusus. Terutama memiliki fitur-fitur yang mengakomodasi berbagai jenis aliran gas dalam jumlah tertentu. 

 

1. Bull nose dan clip on

Regulator Bullnose biasa digunakan dengan tabung gas propana. Konektornya memiliki ulir kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam, yang bisa dipasang langsung ke katup tabung untuk tekanan tinggi maupun rendah. Sedangkan clip on merupakan salah satu jenis yang paling populer, dengan banyak desain berbeda di pasaran. Tipenya tersedia untuk mengalirkan propana atau butana, dengan bentuk silinder duduk dan tuas samping.

 

2. Pengukur gas diafragma (diaphragm) pada industri

Regulator gas tipe ini merupakan salah satu jenis populer yang diaplikasikan oleh banyak perusahaan migas. Kelebihannya antara lain mampu untuk berbagai laju aliran (flow rate), punya akurasi tinggi, dan stabil. Jika Anda tertarik, produk ini bisa didapatkan Badja Abadi Sentosa yang menyediakan berbagai jenis alat-alat industri. Semua serinya bahkan telah disertifikasi berstandar China maupun internasional, untuk mengukur besaran volume energi.  Produk buatan KSI tersebut masuk kategori sebagai flow meter, yang dirancang dan dikembangkan sesuai standar teknologi kelas dunia. Selain pengukur gas diafragma, Badja Abadi Sentosa juga menyediakan turbine flow meter. 

 

3. Turbine Flow Meter

Regulator gas buatan FAST-FLO ini biasa digunakan pada energi sejenis, namun dalam bentuk cairan. Aplikasinya lebih cenderung untuk pemilik bisnis skala besar seperti pasar modern, toserba, hingga pusat-pusat perbelanjaan (mall). Alat ini memiliki kinerja yang sangat baik pada aliran anti-seismik maupun surgin, dengan struktur minimalis namun kokoh. Salah satu keunggulannya adalah memiliki resistensi paling tinggi terhadap interferensi serta gelombang elektromagnetik.

 

Tips Memilih Regulator yang Tepat Berdasarkan Informasinya

 

Memilih regulator gas tidak bisa dilakukan dengan cara biasa seperti masyarakat pada umumnya. Jika digunakan untuk bisnis komersial berskala besar atau industri, ada beberapa hal penting yang harus benar-benar diperhatikan.

 

1. Melihat komposisi hingga suhunya

Untuk mengakomodasi gas dan cairan biasa, seringkali hanya cukup dengan memberi nama fluida dan mencatat kisaran suhunya. Pertimbangan lainnya adalah melihat komposisi persentase, kekuatan larutan, viskositas hingga berat jenis keduanya. Jenis energi di atas bisa diakomodasi menggunakan regulator gas TBQS Quantometer yang bisa Anda dapatkan di Badja Abadi Sentosa. Sistemnya menggunakan turbin pencatat volume pengoperasian menggunakan mode penghitungan delapan digit. Aplikasinya bisa digunakan untuk berbagai jenis energi alam seperti propana dan butana, dengan kemampuan tekanan hingga PN10/16. Sangat cocok digunakan oleh bangunan perkantoran, perumahan, pabrik, hingga industri berskala komersial.

 

2. Cara mengalir dengan instalasi konektor

Jika Anda merasa perlu untuk mencapai laju aliran tertentu, hal semacam ini harus dikomunikasikan dengan jelas sebelumnya. Tujuannya adalah mendapatkan ukuran katup yang dapat disesuaikan, serta pas ketika mulai digunakan. Sambungan inlet dan outlet regulator gas belum tentu cocok, sehingga harus diperiksa terlebih dahulu. Konfirmasikan jenis sambungan seperti model ulir, lensa, penjepit, dan lainnya agar sesuai dengan standar yang relevan

 

3. Perhatikan material regulator dan lingkungan sekitarnya

Secara umum, kebanyakan dari regulator dibuat dari bahan seperti aluminium, kuningan hingga baja tahan karat. Oleh sebab itu, Anda harus cermat ketika memilih berdasarkan pertimbangan kompatibilitas dan kondisi lingkungan sekitarnya. Penggunaan regulator gas sesuai dengan lingkungan di sekitarnya membuat kinerja alat tersebut lebih maksimal. Tidak hanya itu, ketahanannya juga bisa dipakai untuk jangka panjang meski terpapar sinar matahari atau cuaca.

 

Memahami Masalah yang Sering Terjadi Pada Regulator Gas

 

Regulator dirancang untuk mengontrol tekanan sambil memperhitungkan perubahan parameter sistem. Oleh sebab itu, Anda harus memahami kebutuhan secara spesifik serta menemukan kendalanya, kemudian jelajahi opsi penggunaan alat alternatif sebagai solusinya.

 

1. Pahami kebutuhan secara spesifik dan temukan kendalanya

Dengan memahami kebutuhan regulator gas secara spesifik, Anda bisa menentukan penggunaannya untuk skala besar atau kecil. Dari sana, biasanya berbagai kendala akan muncul sehingga lebih mudah untuk diidentifikasi dengan cepat.

 

Lihat Produk Kami : TBQSe Quantometer with Electronic Index

 

Penggunaan jenis regulator yang salah merupakan kekeliruan sehingga dapat menimbulkan masalah. Jika tidak yakin, konsultasikan dengan ahlinya untuk mengidentifikasi model atau jenis seperti apa, agar sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

 

2. Pilih opsi untuk penggunaan regulator lain sebagai alternatif

Jika telah menemukan ukuran regulator gas berukuran kecil sebagai kendalanya, pilih perangkat dengan koefisien lebih besar. Hal tersebut dapat membantu mengurangi kemungkinan penurunan aliran secara drastis, sehingga penggunaannya lebih maksimal. Solusi lainnya kemungkinan adalah beralih dari model pegas ke tipe beban kubah. Regulator dengan muatan kubah lebih tahan terhadap perubahan aliran, sehingga dapat membantu mempertahankan tekanan statis dengan lebih baik.

 

Rekomendasi Produk Regulator Terbaik dan Sejenisnya

 

Ada beberapa regulator untuk mengukur gas maupun tekanannya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa memilih produk seperti pengukur aliran energi Rotary TYL, meteran diafragma model prabayar hingga pengukur energi perumahan.

 

1. TYL Rotary Gas Flow Meter 

Merek buatan FAST-FLO ini dirancang dengan bahan aluminium anodized berkekuatan tinggi. Penggunaannya secara spesifik diaplikasikan untuk volume gas yang mudah terbakar seperti energi alam, propana, butana, biogas, dan lain sebagainya. Regulator gas tersebut bisa Anda dapatkan di Badja Abadi Sentosa yang menyediakan peralatan teknik untuk kebutuhan industri. Soal temperatur, alat ini bisa beroperasi dengan suhu -25° C ~ 55° C. Untuk aplikasinya, alat ini bisa digunakan di area perumahan umum, perkantoran, pabrik dan wilayah industri. Instalasinya juga terbilang tidak terlalu sulit, yakni bisa dilakukan dengan posisi secara horizontal maupun vertikal.

 

2. Prepaid Diaphragm Gas Meter

Jika diperhatikan dari penamaannya, alat ini merupakan meteran prabayar untuk mengukur besaran volume gas. Pembayaran dengan sistem tersebut membuat perangkat pemantauan dengan sistem meteran tersebut cocok digunakan sebagai aktivitas komersial. 

 

Lihat Produk Kami : TEC II Conversion Device

 

Salah satu model regulator gas tersebut secara fisik telah dilengkapi alat sensor untuk membaca kartu IC. Fungsinya adalah mencatat jumlah energi yang telah dibeli dan kemudian mulai menghitungnya secara otomatis. 

 

3. Residential diaphragm gas meter

Sama seperti model Prepaid di atas, Residential diaphragm gas meter merupakan brand keluaran KSI. Hanya saja, alat ini cenderung diaplikasikan untuk menghitung volume gas batubara, alam, LPG dan energi non-korosif. Salah satu keunggulannya adalah ukurannya sangat kecil dan ringan, namun memiliki teknologi penghitungan paling canggih.

 

Baca Juga : Kelebihan Digital Natural Gas Flow Meter Pengukuran yang Canggih

 

Dilengkapi dengan perangkat anti-pencurian untuk mencegah aliran balik energi, akurasi penghitungannya juga terbilang sangat akurat. Aliran gas dengan jumlah tekanan yang berbeda-beda terkadang sangat menyulitkan perhitungan secara akurat. Selain membutuhkan teknologi berkemampuan khusus, penggunaan regulator gas seperti alat-alat di atas secara umum juga sangat diperlukan.

 

 
 

Related News

Apa Itu Ultrasonik Flow Meter ?
PT BAS

Apa Itu Ultrasonik Flow Meter ?

Mon, 13 November 2023
Pengertian dan Fungsi Electromagnetic Flow Meter
PT BAS

Pengertian dan Fungsi Electromagnetic Flow Meter

Sun, 12 November 2023
PT Badja Abadi Sentosa Distributor Berbagai Macam Brand dan Merk Water Meter di Indonesia
PT BAS

PT Badja Abadi Sentosa Distributor Berbagai Macam Brand dan Merk Water Meter di Indonesia

Wed, 15 November 2023