Produk Gas Flow Meter Beserta Fungsi dan Komponen Utamanya

Produk Gas Flow Meter Beserta Fungsi dan Komponen Utamanya

 

Bidang industri yang khusus bergerak dalam pengolahan fluida, baik itu bentuk gas maupun cairan pasti terdapat alat flow meter. Bahkan alat ini hampir selalu diaplikasikan di dalam kegiatan perpindahan fluida. Mungkin saja alat ini berada dekat dengan keseharian Anda. Seperti di rumah, industri manufaktur, bangunan perkantoran, water meter pada PDAM, atau bahkan pada utility seperti regulator gas atau pompa. Berikut ini ulasan tentang cara kerja dan produk gas flow meter.

Gas flow meter ini sebuah alat yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui besaran di dalam aliran material berupa udara, cairan, atau bubuk. Alat ini nantinya akan menunjukkan data ukuran berupa angka. Alat ini juga bisa berguna untuk menyesuaikan aliran kebutuhan mesin terhadap aliran udara atau air. Sehingga mesin atau alat tidak akan lagi kekurangan udara atau air untuk melakukan kinerjanya.

 

Peran Penting Gas Flow Meter dalam Kehidupan

 

 

Untuk seorang teknisi, alat flow meter ini bukan hal yang asing di pekerjaan mereka. Alat ini sangat membantu untuk mengetahui jumlah laju aliran liquid, flow meter gas, uap liquid, dan slurry flow meter. Dengan alat ini juga, komponen yang mengalir pada aliran terbuka serta tertutup dapat terhitung kuantitasnya per satuan waktu. Kebutuhan akan flow meter ini sangat penting mengingat gas, air, dan cairan dalam bentuk lainnya sangat dibutuhkan dalam kebutuhan sehari-hari.

Alat ini menjadi parameter dalam menentukan seberapa banyak kebutuhan akan material tersebut dan biaya yang harus dikeluarkan dalam penggunaannya. Singkatnya, flow meter mengukur aspek kecepatan aliran serta volume atau total massa yang berasal dari material mengalir dalam kurun waktu tertentu. Alat ini memiliki peranan penting karena mempengaruhi kinerja mesin yang menggunakannya. Lalu apa sajakah produk serta fungsi dari gas flow meter ini? Berikut ini pembahasannya.

 

Fungsi Gas Flow Meter

Berfungsi sebagai alat ukur, fungsi aliran flow meter akan mengukur sejumlah gas untuk waktu dan keadaan tertentu. Lalu, apakah kegunaan dari alat ukur ini? Berikut ini penjelasannya.

1. Dapat Membantu Menekan Biaya Produksi

Untuk menghitung biaya produksi, pastinya dibutuhkan pedoman untuk mendasarinya. Hal ini juga akan terasa sulit karena harus mencari serta menghitung angka dan keadaan secara manual. Akan tetapi dengan flow meter angka ukuran yang dimasukkan dalam variabel untuk pengukuran biaya produksi menjadi lebih mudah dan akurat.

2. Membantu Merawat Mesin

Fungsi utama dari alat ini adalah dapat membantu merawat mesin dalam perusahaan manufakturing. Karena flow meter ini dapat digunakan untuk mengukur kinerja serta kapasitas berbagai alat. Sehingga jika ada kerusakan akan terdeteksi secara dini dan dapat menghindarkan dari kerugian yang lebih besar.

3. Membantu Mengontrol Rangkaian Listrik

Rangkaian elektronik ini membutuhkan data input untuk bekerja secara tepat dari flow meter. Angka dari alat ini akan membantu saluran listrik dan sinyal bekerja dengan baik.

 

Produk Gas Flow Meter

Untuk mengetahui produk manakah yang bagus dari flow meter. Berikut ini produk terbaiknya:

1. Apator Metrix Gas Meter UG-G4

Gas flow meter dengan seri UG ini khusus dirancang untuk pengukuran gas untuk konsumsi gas yang setara dengan 6 m3/h atau G4 dari densitas udara 1.2 kg/m³. Alat ini bisa dipasok ke restoran, mall, apartemen, dan rumah yang konsumsi gasnya setara dengan ketentuan tersebut. Selain itu, meter gas ini juga bisa digunakan untuk pengukuran gas kota, gas propana-butana, dan gas alam.

 

Lihat Produk Kami : Apator Metrix Gas Meter UG-G4

 

Alat ini memiliki maksimal flow rate di angka 6 m³/h dan minimalnya berada di angka 0.016 per 0,040 m³/h. Sedangkan maksimal pressure berada di 0.5 per 2x bar serta jarak in atau out nya 130 mm.  Terdapat dua ukuran, yakni 250 mm dan 220 mm. Harga dari alat ini berkisar Rp 880.000.

2. Apator Metrix Gas Meter 2UG-G6

Produk yang kedua ini digunakan untuk tempat dengan konsumsi gas tidak lebih dari 10 m³ per jam dari kepadatan udara 1.2 kg per m³. Alat ini bisa dipasok untuk apartemen, mall, restoran, dan bahkan rumah yang sesuai dengan ketentuan diatas. Meter gas ini juga bisa digunakan untuk pengukuran gas kota, gas alam, dan gas propana-butana.

 

Lihat Produk Kami : Apator Metrix Gas Meter 2UG-G6

 

Apator Metrix Gas Meter 2UG-G6 memiliki maksimal flow rate di 10 m³/h dan minimal flow ratenya 0.06 m³/h. Untuk nominal flow rate yang didapat alat ini adalah 6 m³/h. Terdapat dua pilihan ukuran yakni 220 mm dan 250 mm. Untuk seri ini harga flow meter berkisar Rp 1.609.500.

 

Komponen Utama pada Gas Flow Meter

Untuk lebih mengenali flow meter yang Anda butuhkan, ada dua komponen penting. Berikut ini penjelasannya.

1. Flow Sensor

Flow sensor ini memiliki fungsi untuk menangkap kegiatan aliran fluida, hal ini membuat bagian penting di dalam alat tersebut. Ada banyak ketentuan penting untuk memilih alat yang sesuai. Dimana harus menyesuaikan dengan kondisi material yang akan diukur.

Terlebih jika materialnya jenis asam, abrasive atau untuk makanan. Karena komponen ini mudah aus jika berhadapan dengan material tertentu. Kemudian, hal ini bisa menghambat kinerja komponen jika tidak diperhatikan dengan benar.

2. Flow Transmitter

Komponen ini memiliki tugas untuk menangkap sinyal dari kiriman flow sensor dan akan dikonversikan menjadi mass flow. Dari data ini akan menentukan unit total dari volume atau total mass. Di beberapa jenis flow meter, komponen ini dapat menunjukkan perubahan suhu serta tekanan.

Teknologi gas flow meter ini terus berkembang menyesuaikan dengan permintaan dan keinginan. Biasanya memilih gas flow meter hanya berdasarkan dengan harga dan kurang dalam memperhatikan kebutuhan di lapangan. Sehingga pengguna tidak bisa mendapatkan kemampuan terbaik dari alat ini, mahalnya biaya perawatan hingga masa penggunaan yang singkat.

 

Baca Juga : Jenis-jenis Gas Flow Meter Berdasarkan Teknologinya

 

Perlunya memilih produk gas flow meter yang terbaik. Untuk mendapatkan kelebihan ini sudah pasti dari produsen terpercaya. Jika saat ini Anda sedang kebingungan mencari produk tersebut, kini sudah ada solusinya. Anda hanya perlu mempercayakannya kepada PT. Badja Abadi Sentosa. PT. Badja Abadi Sentosa merupakan distributor tunggal yang telah resmi menjual produk lc meter di Indonesia. Lebihnya lagi, semua produk baru yang dijual dari toko lain juga belinya dari kami.

 
 

Related News

Apa Itu Ultrasonik Flow Meter ?
PT BAS

Apa Itu Ultrasonik Flow Meter ?

Mon, 13 November 2023
Flow Meter Air Limbah: Definisi dan Variannya
PT BAS

Flow Meter Air Limbah: Definisi dan Variannya

Sun, 19 November 2023
Buyers Guide
PT BAS

Buyers Guide

Thu, 09 November 2023