Mengenal Flow Meter Solar Beserta Tipe dan Instalasinya

Mengenal Flow Meter Solar Beserta Tipe dan Instalasinya

 

Penggunaan flow meter solar banyak diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan besar yang berkecimpung di industri minyak. Secara teknis, alat tersebut membantu pekerja untuk mendapatkan data real-time secara akurat ketika bertugas di lapangan.

Salah satu pertimbangan dalam penggunaan alat tersebut adalah jenis alirannya bisa berupa saluran terbuka atau tertutup. Hal semacam ini berlaku secara umum dan banyak diterapkan dalam skala industri yang luas.

 

Pengertian Flow Meter Solar Secara Teknis Beserta Aplikasinya

 

Peralatan pengukuran tersebut secara teknis dipakai untuk memantau kecepatan aliran dari sebuah cairan secara efisien. Tidak heran jika banyak industri-industri besar di bidang energi yang menggunakannya, sekaligus sebagai bentuk investasi. 

 

1. Digunakan untuk mengukur kecepatan arus cairan

Flow meter adalah alat pengukur laju arus yang digunakan untuk menentukan massa linier atau nonlinier, serta aliran volumetrik. Tidak hanya sebatas diaplikasikan pada benda cair, tapi juga dalam bentuk gas.

 

Tujuan utama dari penggunaannya adalah mendapatkan data-data secara akurat, terkait dengan aktivitas yang dilakukan. Tidak hanya itu, hal tersebut juga meningkatkan tingkat informasi seperti presisi, akurasi, hingga resolusi ukuran cairan.

 

2. Banyak diaplikasikan oleh industri-industri besar

Flow meter solar merupakan satu dari sekian alat serupa, yang banyak diaplikasikan oleh industri-industri besar di bidang energi. Dengan menggunakan berbagai perhitungan, pekerja di lapangan bisa melaporkan hasilnya secara teknis.

Badja Abadi Sentosa menyediakan berbagai peralatan terkait, dengan spesifikasi tertentu untuk memantau arus massa cairan. Salah satunya adalah Ultrasonic Flowmeter buatan FAST-FLO, dengan beberapa fitur dan spesifikasi sesuai kebutuhan Anda. 

Ultrasonic Flowmeter buatan FAST-FLO telah teruji dengan akurasi lebih baik (1%), dengan beberapa model pemasangan. Baik itu dengan cara dijepit (clamp), instalasi masuk (inserted), serta menggunakan jalur saluran pipa (pipeline).

 

3. Pertimbangan aplikasinya secara nyata jauh lebih mudah

Salah satu pertimbangan dalam penggunaan flow meter solar adalah jenis aliran berupa saluran terbuka atau tertutup. Anda bisa memutuskan penggunaannya secara mudah, asalkan memenuhi syarat untuk mengakomodasi jalannya solar tersebut. 

Saluran terbuka adalah aliran terbuka menuju atmosfer, sedangkan model tertutup aliran berada di dalam tabung atau pipa. Meski demikian, ada beberapa parameter yang perlu dievaluasi saat menentukan efektivitas alat tersebut. 

 

Fitur-fitur Utama yang Perlu Dievaluasi Sesering Mungkin

 

Cara kerja flow meter solar secara mekanis harus terus dievaluasi secara cermat agar performanya tidak menurun. Beberapa parameter untuk mengakomodasi hal tersebut adalah melihat Karakteristik cairan, alirannya, hingga kondisi alat.

 

1. Karakteristik cairan dan alirannya

Penilaian karakteristik cairan beserta alirannya bisa dilihat lewat tekanan, suhu, densitas, viskositas, hingga tekanan uap. Informasi tersebut ditampilkan sebagai pembacaan tunggal, sehingga memudahkan pekerja untuk mengambil data-data terkait secara akurat.

Flow meter solar berkualitas buatan tokico bisa menjadi pilihan terbaik dengan beberapa fitur-fitur canggih. Anda bisa mendapatkan produk tersebut di Badja Abadi Sentosa yang tersedia dalam tiga tipe sesuai kebutuhan.

Ketiga tipe tersebut adalah pengukur arus cairan, yang bisa dipasang berdasarkan modelnya. Mulai dari wall mounted untuk instalasi menempel di dinding, panel mounted yang fleksibel, serta explosion proof tahan api.

 

2. Rentang nilai tekanan dan temperatur

Kepadatan cairan sangat menentukan jumlah tekanan yang diperlukan, karena menjadi indikator untuk menunjukkan laju aliran. Ketika alat tersebut mengukur kepadatan sekaligus tekanan, ia menggunakan data untuk menghitung jumlah laju aliran.

Flow meter solar sendiri digunakan untuk mengukur debit sekaligus kecepatan aliran solar secara akurat. Akurasi penghitungan sangat terjamin karena menggunakan alat kontrol digital yang hasilnya mudah dibaca selama proses berlangsung.

 

3. Kondisi alat

Mengevaluasi kondisi alat sesering mungkin memungkinkan Anda untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melihat kinerja peralatan secara langsung, apakah masih berfungsi dengan baik.

Flow meter solar yang digunakan secara terus menerus tentu mempengaruhi performanya dalam mengalirkan cairan. Oleh sebab itu, peralatan harus sering-sering dikalibrasi serta dijaga kebersihannya agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

 

Instalasi Flow Meter Sesuai Standar Industri

 

Agar sistem pengukur aliran mampu menyediakan data secara akurat dan kredibel, proses instalasinya harus dilakukan dengan benar. Tidak hanya secara teknis, tapi juga memperhatikan aspek non-teknis seperti penjelasan berikut ini.

 

1. Mengenali area dengan baik sebelum pemasangan dilakukan

Flow meter solar mampu berfungsi dengan baik jika dipasang di area yang tepat dari segi non-teknis. Hindari instalasi pada wilayah dengan getaran atau medan magnet tinggi, karena bisa mengganggu kinerjanya.

Lihat Produk Saya: Electronic CGC Oil Flow Meter

Usahakan agar area di sekitar instalasi memungkinkan untuk ekspansi pipa jika suatu saat dibutuhkan. Sediakan jalur by-pass untuk memudahkan proses perbaikan ketika peralatan mengalami kendala teknis, sehingga bisa segera ditangani.

 

2. Perhatikan instalasinya agar sesuai dengan standar industri

Agar penggunaan flow meter solar sesuai dengan standar industri pada umumnya, perhatikan beberapa hal terkait dengan instalasi. Hindari aliran ke bawah dalam aplikasi cair, serta harus dipasang pada pipa lurus.

Jika memungkinkan, pasang filter di bagian hulu untuk menghilangkan padatan sehingga tidak menghambat kinerja alat. Periksa juga kondisi uap atau udara dalam cairan, serta kemungkinan adanya tetesan di saluran gas.

 

Tipe-tipe Flow Meter yang Digunakan oleh Industri

 

Ada beberapa tipe flow meter solar yang digunakan oleh korporasi-korporasi besar untuk menangani pekerjaannya. Beberapa di antaranya adalah pengukur Aliran Tekanan Diferensial, pengukur Aliran Kecepatan, serta pengukur Aliran Perpindahan Positif.

 

1. Pengukur aliran tekanan diferensial

Pengukur aliran tekanan diferensial menggunakan Persamaan Bernoulli, yang menyatakan bahwa ketika kecepatan aliran fluida meningkat, maka tekanannya akan berkurang. Sub-jenis pengukur paling populer adalah pelat orifice, aliran venturi, serta rotameter.

Lihat Produk Saya: Electronic Oil Flow Meter

Badja Abadi Sentosa memiliki beberapa tipe flow meter solar yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Terutama untuk menghitung laju arus secara akurat dan efisien dari benda cari seperti solar dan sejenisnya. 

Pilihan terbaiknya adalah menggunakan Ultrasonic Flowmeter buatan FAST-FLO dengan beberapa fitur menarik. Beberapa di antaranya adalah akurasinya yang tinggi, mendukung sensor temperatur, dan kartu memory SD, transmitter, serta tipe transducer. 

 

2. Pengukur aliran kecepatan

Pengukur aliran kecepatan menghitung kecepatan aliran yang menghasilkan data dengan mengukur kedalaman serta kecepatan rata-rata aliran udara. Oleh sebab itu, alat ini memiliki jangkauan lebih besar dibandingkan perangkat tekanan diferensial. 

Pada flow meter solar misalnya, komponennya terdiri dari tabung pilot, kalorimetri, turbin, hingga pengukur elektromagnetik. Masing-masing memiliki fungsi tertentu yang saling terkait, sehingga memudahkan pekerja mendapatkan informasi secara lebih cepat. 

 

3. Pengukur aliran perpindahan positif

Disebut juga pengukur aliran PD, alat tersebut mampu mengukur aliran cairan kental dengan menggunakan rotor sebagai sensor. Di mana aliran udara akan dipindahkan oleh baling-baling, roda gigi, piston, atau diafragma. 

Karena rotasi rotor terkait dengan volume aliran, secara otomatis digunakan sebagai pengukuran ketika pipa lurus tidak tersedia atau pengganti meteran turbin. Terutama ketika saluran tersebut berisi banyak turbulensi dalam aliran. 

Dengan mengenali kinerja alat di atas serta penggunaannya secara umum, kesulitan di lapangan bisa diatasi dengan mudah. Terutama jika mengoperasikan peralatan seperti flow meter solar, dengan berbagai tipe dan ukurannya.

 
 

Related News

Apa Itu Meteran Air?
PT BAS

Apa Itu Meteran Air?

Wed, 14 December 2022
Sistem dan Mekanisme Kerja dari Fill Rite Flow Meter Untuk Kebutuhan Lebih Anda
PT BAS

Sistem dan Mekanisme Kerja dari Fill Rite Flow Meter Untuk Kebutuhan Lebih Anda

Mon, 13 November 2023
Mau Tahu Cara Kerja Meteran Air Digital?
PT BAS

Mau Tahu Cara Kerja Meteran Air Digital?

Wed, 15 November 2023